28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Menkes Gunadi Pantau Layanan Kesehatan, Telaga Bauntung Jadi Pilot Project Posprim

2 min read

Pemberian cendramata secara simbolis oleh Bupati Banjar dan Ketua TP PKK Kab Banjar kepada Menkes RI

BANJAR – Menkes RI Budi Gunadi Sadikin bertandang ke sejumlah desa terpencil di Kecamatan Telaga Bauntung, Kabupaten Banjar. Kedatangannya ini untuk memantau pemaksimalan layanan kesehatan menuju Universal Health Covarage (UHC).

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tyas (kanan) bersama Menkes RI Budi Gunadi (kiri) saat menjelaskan layanan Posyandu di Kecamatan Telaga Bauntung. (Dok. Nurgita Tyas)

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi bersama rombongan yang hadir menggunakan transportasi udara (helikopter) langsung disambut Bupati Banjar, Saidi Mansyur.

Dilokasi, Bupati bersama Menkes RI juga turut mengujungi beberapa Posyandu yang berada di Kecamatan Telaga Beruntung. Termasuk yang berada di Desa Telaga Baru dan Desa Lok Tanah yang berada di wilayah Puskesmas Telaga Bauntung.

Saidi berharap dengan adanya perhatian pemerintah melalui Kemenkes ini setidaknya peran atas usulan rencana Posyandu Primer (Posprim) pada 2023 dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan. Dengan wujud yang komprehensif dan berkualitas.

“Ini merupakan kolaborasi publik dan dengan swasta dalam mencapai UHC,” ujarnya, melalui rilis resminya, Jumat (16/12) sore.

Keinginan dari pemerintah, menurut Saidi, tentu sudah mengacu pada empat pilar penting yang dilaksanakan melalui edukasi penduduk, pencegahan sekunder, peningkatan kapasitas dan kapabilitas pelayanan primer dengan tujuan penguatan tata kelola management dapat berjalan baik.

“Rencana ada satu Posyandu Prima (Posprim) 2023 dan satu puskesmas yang dibentuk. Namun, usulan ini menjadi 19 puskesmas dan 6 poskesdes,” paparnya.

Saat ini menurutnya, dari 290 desa/kelurahan dengan 25 puskesmas dan 70 pembantu. Telaga Bauntung merupakan wilayah pilot project yang akan dilakukan uji coba pelayanan kesehayan primer.

“Semoga dengan hadirnya pak menteri akan semakin menambah semangat kami untuk mengintergrasi layanan kesehatan. Uji coba ini berada di Posyandu Kecubung di Desa Telaga Baru dan Lok Tanah di Telaga Bauntung,” tutupnya. (PEMKAB BANJAR-RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.