22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringatan Hari Ibu ke 94 Diharapkan Dapat Tingkatkan Peran Perempuan

2 min read

Pemotongan tumpeng PHI Kota Banjarbaru tahun 2022

BANJARBARU – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menghadiri kegiatan Peringatan Hari Ibu ke 94 dan HUT Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ke-20 Kota Banjarbaru, serta HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 Kota Banjarbaru yang dilaksanakan di Aula RS Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru, Jum’at (16/12).

Wartono menyampaikan, Peringatan Hari Ibu (PHI) yang selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap perjuangan perempuan dari masa ke masa. Dengan mengangkat tema “Perempuan berdaya Indonesia maju” Sangatlah relevan dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini, yang menunjukkan bahwa perempuan mendapat beban lebih berat.

Wakil Walikota Banjarbaru (kiri) bersama Ketua GOW Kota Banjarbaru (kanan)

“Seperti hasil survei oleh United Nation Women bahwa pandemi COVID-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, dan serta mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Wartono.

Perempuanlah yang mengambil peran bergerak menanggapi bencana COVID-19 sebagai penggerak sosial dengan gerakan gotong royong untuk mengatasi kondisi ekonomi dan penyediaan makanan yang melibatkan banyak orang.

“Peran perempuan sangat banyak dalam menurunkan angka pandemi covid-19 di Kota Banjarbaru. Seperti menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan, peneliti, yang diandalkan dalam mencegah penyebaran covid-19 mulai dari lingkup Keluarga, lingkungan, hingga tempat kerja,” tutup Wartono.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin mengajak kepada seluruh perempuan yang tergabung dari berbagai organisasi se-Kota Banjarbaru. Agar saling bergandengan tangan menjadi garda terdepan membantu Pemerintah Kota Banjarbaru, membantu perempuan-perempuan lainnya untuk mewujudkan kesetaraan gender.

“Diharapkan dapat menjadi waktu tepat untuk menggalang aksi bersama untuk mendorong kemandirian perempuan di Kota Banjarbaru,” ungkap Vivi.

Untuk diketahui, dalam acara kali ini juga diserahkan penghargaan Champion Leader Peserta Kelas Si Purun Tahun 2022, Penghargaan Kelompok Industri Rumahan Perempuan Tingkat Provinsi, Penghargaan evaluasi Peningkatan Kualitas Keluarga Tingkat Provinsi (kategori utama), serta penghargaan SKPD terbaik implementasi pengarus utamaan gender (PUG) lingkup Pemko Banjarbaru. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.