16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdag Kalsel Gelar Rakernis Untuk Kendalikan Inflasi

2 min read

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya mengendalikan inflasi, melalui Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan di salah satu hotel di Banjarmasin.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, kepada sejumlah, di sela rapat mengatakan, dengan mengangkat tema “Sinergitas Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023” maka sangat penting berkolaborasi dari sekarang, dalam rangka mengendalikan inflasi di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

“Jalinan sinergi ini sangat penting, bersama jajaran Dinas Perdagangan baik Kabupaten dan Kota,” ucapnya, Kamis (15/12).

Disampaikan Birhasani, dalam pengendalian inflasi tidak hanya tanggung jawab Pemprov, namun juga melibatkan Pemerintah di Kabupaten/Kota, untuk terus mensejahterakan seluruh masyarakat di Kalsel, dalam bentuk upaya jangka pendek yaitu operasi Pasar Murah. Terbukti beberapa produk pangan semakin kecil tidak menjadi inflasi, selama di tiga bulan terakhir tahun 2022.

“Dinas Perdagangan Kabupaten dan Kota, mulai sekarang memiliki program Pasmur, ini diharapkan dapat digelar setiap bulan,” jelasnya

Sementara itu, Ketua Tim Direktorat Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag RI Indra Wijayanto, menjelaskan, secara Nasional ketersediaan dan harga keperluan bahan pokok masih aman. Namun pihaknya tengah mempersiapkan perencanakan neraca komoditi, untuk mengetahui keperluan bapok di tahun 2023 mendatang, sehingga dapat diketahui sejak dini, penghitungan stok komoditi baik besaran yang akan diimport dan diproduksi dalam negeri.

Ketua Tim Direktorat Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag RI, Indra Wijayanto

“Untuk harga bapok stabil, memang ada beberapa yang mengalami kenaikan sedikit, seperti Cabe, Minyak Goreng dan Telor, maka perlu diwaspadai,” tutupnya

Untuk diketahui, Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan, diselenggarakan Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, dihadiri Perwakilan Kemendag RI, Pimpinan BI, dari Dinas Perdagangan Kabupaten dan Kota, pada Kamis (15/12), berlangsung di salah satu hotel Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.