Ribuan Laporan Ditindaklanjuti, Dinas Kominfo Kalsel Masifkan Sosialisasi LAPOR! Paman
1 min readBANJARMASIN – Sosialisasi aplikasi pengaduan masyarakat terhadap kinerja pemerintah (LAPOR! Paman) semakin masif dilakukan. Hasilnya sejak 2019 hingga saat ini sudah ada ribuan saran hingga aspirasi yang terserap.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Kominfo Kalsel) Muhammad Muslim mengatakan, laporan paling banyak masuk yakni mengenai infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.
“Laporan terkait hal lain juga ada, tetapi tidak lebih banyak,” ungkapnya, Minggu (11/12).
Seluruh laporan yang masuk ke dalam aplikasi, akan direspon cepat dan ditindaklanjuti langsung oleh SKPD penghubung.
Sosialisasi LAPOR! Paman tidak hanya dilakukan di dalam suatu wadah. Tetapi juga langsung terjun ke lapangan, salah satunya dengan menyusur sungai untuk mengedukasi penduduk pinggiran sungai tetang penggunaan aplikasi.
“Kita sudah lakukan susur sungai ini dari Banjarmasin hingga ke Lok Baintan. Agar masyarakat pinggiran sungai juga dapat memberikan saran, kritik, masukan hingga aspirasi mereka terhadap pemerintah,” tuturnya.
Sejak diluncurkan tahun 2017 silam, aplikasi LAPOR! Paman banyak mendapat penghargaan dari berbagai lembaga termasuk penghargaan Top 6 Terbaik Kategori Outstanding Achievement pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB.
“Ini merupakan bukti nyata bahwa Pemprov Kalsel sangat terbuka luas terhadap kritik dan masukan dari masyarakat,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)