23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Buka Peparprov IV di HSS, Ini Pesan Paman Birin

2 min read

Prosesi pembukaan Peparprov IV di HSS

HULU SUNGAI SELATAN – Perhelatan Pekan Paralympic Daerah Tingkat Provinsi (Peparprov) IV Kalimantan Selatan 2022 resmi digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 20 – 26 November 2022. Perhelatan empat tahunan atlet peyandang disabilitas tingkat Provinsi Kalimantan Selatan itu digelar usai gelaran Pekan Olahraga Daerah Tingkat Provinsi (Porprov) yang lalu. Peparprov IV ini dibuka langsung Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, pada Minggu (20/11).

Gubernur Kalsel saat membuka Peparprov IV di HSS

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengaku bangga, bahwa Kandangan (ibukota Hulu Sungai Selatan) menjadi tuan rumah Peparprov. Mengingat sejarah panjang daerah ini, selama masa penjajahan.

“Kandangan ini adalah kota pahlawannya provinsi Kalimantan Selatan. Banyak pahlawan Banua yang lahir dari daerah ini. Oleh karena itu, saya berharap para atlet yang bertanding pada ajang ini, dapat mewarisi semangat juang para pahlawan, untuk menyelesaikan pertandingan dengan hasil yang maksimal, ” ujar Gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya, atas prestasi para atlet disabilitas Banua, yang berhasil menduduki posis kDalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Selataneempat secara nasional pada ajang Peparnas di Papua belum lama tadi.

Sementara itu, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam sambutannya selaku tuan rumah, mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalsel serta para peserta dari kabupaten/ kota yang berhadir. Fikry menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten HSS.

“Saya berharap di bumi Rakat Mufakat ini akan lahir atlet-atlet terbaik yang akan mewakili Kalsel di tingkat nasional,” ujarnya.

Ketua Umum National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Provinsi Kalimantan Selatan Ahmad Firdaus melaporkan Peparprov IV Kalsel di Kabupaten HSS diikuti 13 kabupaten/kota dengan jumlah atlet sebanyak 807 atlet, dan 381 pelatih/official. Perhelatan Peparprov ini mempertandingkan 11 cabang olahraga, yakni Angkat Berat, Atletik, Bulutangkis, Bola Voli, Catur, Judo Blind, Menembak, Panahan, Renang, Sepak Bola CP, dan Tenis Meja.

Pembukaan Peparprov IV di HSS ini, diawali Gubernur Kalsel didampingi Bupati HSS, Ketua NPCI Provinsi Kalsel, menerima obor dalam prosesi penyematan obor Peparprov IV yang diserahkan perwakilan atlet cabor tenis meja Sulaiman, yang merupakan juara 2 pada ajang Peparprov ke-3 di Kabupaten Tabalong. (RIW-KominfoHSS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.