22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pelajari Peningkatan Mutu, Labkesda Kaltim Kunjungi Labkesda Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkunjung ke Labkesda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Kamis (17/11).

Rombongan Labkesda Kaltim dipimpin Kepala Labkesda Kaltim, Agus Joko Praptomo didampingi Kepala Seksi (Kasi) Mutu, Kaspianoor beserta jajarannya disambut langsung oleh Kepala Labkesda Kalsel, Riko Ijami beserta jajarannya.

Kepala Labkesda Kalsel, Agus Joko Praptomo menilai bahwa kemajuan Labkesda Kalsel sangat pesat, termasuk dalam target pendapatan BLUD yang sangat tinggi. Sehingga pihaknya ingin mempelajari seperti apa cara meningkatkan hal tersebut, terutama terkait dengan mutu. Apalagi ke depan, Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN).

“Karena bagaimanapun juga Labkesda Kalsel lebih dulu akreditasinya dan yang penting lagi registrasi laboratorium lingkungan. Sementara saat ini peraturan untuk mendapatkan akreditasi dan registrasi tersebut sangat ketat sehingga kami konsultasi ke Labkesda Kalsel untuk mengejar ketertinggalan tersebut,” katanya.

Suasana Kunjungan Labkesda Kaltim ke Labkesda Kalsel

Sementara, Kepala Seksi Mutu Labkesda Kaltim, Kaspianoor menambahkan pihaknya perlu melakukan akreditasi sebagai jaminan mutu atas kualitas produk dan layanan yang diselenggarakan sehingga dapat meningkatkan citra, kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

“Labkesda Kaltim sudah terakreditasi namun belum teregistrasi untuk laboratorium lingkungan di Kementerian LHK. Hal itu yang sedang kita persiapkan,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Labkesda Kalsel, Riko Ijami menambahkan secara umum Labkesda Provinsi Kaltim lebih maju dimana dukungan pemerintah daerah Kaltim cukup bagus yang dibuktikan dengan alokasi anggaran yang besar pada tahun 2023 nanti. Hanya saja, lanjutnya, Labkesda Kaltim memerlukan informasi mengenai permasalahan teknis yang berkaitan dengan legalitas terutama akreditasi untuk laboratorium pemeriksaan lingkungan.

“Saat ini, mengacu kepada regulasi yang berlaku dari Kementerian Lingkungan Hidup sangat ketat. Karenanya, Labkesda Kaltim ingin belajar mengenai hal tersebut karena Labkesda Kalsel lebih dulu mendapatkan akreditasi dan registrasi daripada Labkesda Kaltim,” tambahnya.

Setelah melakukan diskusi, rombongan Labkesda Kaltim diajak berkeliling melihat sarana dan prasarana yang ada di Labkesda Kalsel. (NRH/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.