22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Dukung Kelanjutan Pembangunan Jembatan Pulau Laut

2 min read

BANJARMASIN – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mendukung kelanjutan pembangunan jembatan penghubung Pulau Laut dengan daratan Kalimantan.

Hal itu disampaikan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel, HM Rosehan Noor Bahri kepada wartawan, usai menerima kunjungan DPRD Kabupaten Kotabaru, Rabu (16/11) sore.

Untuk itu, menurut Rosehan, pihaknya bersama DPRD Kabupaten Kotabaru akan melakukan konsultasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meminta kejelasan terkait kelanjutan pembangunan jembatan tersebut.

“Diharapkan pembangunan jembatan tersebut dapat segera ditindaklanjuti supaya bisa segera rampung. Apalagi Pemprov Kalsel, Pemkab Kotabaru dan Pemkab Tanah Bumbu sudah menggelontorkan dana ratusan miliar rupiah,” katanya.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Kotabaru, Awaludin menjelaskan, sampai saat ini pembangunan jembatan penghubung tersebut masih belum masuk ke dalam program strategis nasional (PSN). Karenanya, pihaknya meminta dukungan Komisi III DPRD Kalsel untuk mendorong Pemerintah Pusat, memasukkan pembangunan jembatan Pulau Laut itu dalam PSN.

Suasana pertemuan Komisi III DPRD Kalsel Dengan Komisi II DPRD Kotabaru

“Terealisasinya pembangunan jembatan Pulau Laut ini sangat diharapkan masyarakat yang selama ini hanya mengandalkan feri penyeberangan,” ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotabaru, Jerry Lumenta, keberadaan jembatan Selat Pulau nantinya akan banyak mendatangkan manfaat. Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga akan mendorong pengembangan kepariwisataan.

“Jembatan Pulau Laut ini jika sudah selesai dibangun nantinya akan menjadi destinasi wisata baru sebagai jembatan terpanjang kedua di Indonesia sesudah jembatan Suramadu. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah,” tambahnya.

Dalam pertemuan itu, Komisi II DPRD Kotabaru juga membicarakan mengenai permasalahan ODOL (Over Dimension dan Over Loading) serta perbaikan jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan di daerah tersebut. (NRH/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.