24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Transformasi Berbasis Inklusi Sosial, Dispersip Kalsel Kenalkan Olahan Pangan Berbahan Singkong

1 min read

BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar bimbingan teknis dengan tema “Hilirisasi Olahan Pangan Lokal Berbahan Singkong Untuk Kesejahteraan Keluarga”.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Dispersip Kalsel pada Senin (14/11) dibuka oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar mewakili Kepala Dispersip Kalsel dan diikuti perwakilan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di beberapa kabupaten/kota di Kalsel.

Suasana Bimtek Olahan Pangan Lokal Berbahan Singkong di aula Dispersip Kalsel

“Ini adalah kegiatan yang kelima dan Alhamdulillah respon masyarakat luar biasa terhadap kegiatan ini,” kata Wildan kepada wartawan.

Wildan berharap melalui kegiatan ini, para peserta bisa mengaplikasikannya langsung di masyarakat, baik untuk lingkup rumah tangga maupun di bidang usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian.

Sementara, Praktisi Tata Boga, Siti Mardiah menyampaikan olahan pangan dari singkong ini harus gencar diperkenalkan dalam rangka meningkatkan pendapatan petani lokal. Apalagi, ungkapnya, singkong memiliki banyak manfaat selain bisa diolah menjadi berbagai makanan yakni sebagai obat diabetes.

“Kandungan gizinya banyak di singkong. Bahkan bisa jadi pengganti nasi. Tinggal bagaimana cara mengolahnya agar bisa bervariasi,” jelasnya.

Dalam praktiknya, Siti Mardiah memperkenalkan proses pembuatan bolu singkong, sawut, tiwul, arem-arem hingga kue pais. Para peserta pun sangat antusias apalagi singkong sebagai bahan dasarnya mudah didapat dan dijual di pasaran dengan harga yang ekonomis. Namun, sebelumnya juga digelar talkshow yang dipandu oleh Sub Koordinator Layanan Dispersip Kalsel, Ermawati sebagai moderator. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.