19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dorong Kemandirian Petani Kelapa Sawit, Gubernur Kalsel Buka Workshop dan Exhibition Sentra Informasi Sawit Indonesia

2 min read

BANJARMASIN – Saat ini dan di masa yang akan datang, perkebunan merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Workshop dan Exhibition Sentra Informasi Sawit Indonesia di salah satu hotel berbintang, Rabu (26/10).

Suasana Pembukaan Workshop dan Exhibition Sentra Informasi Sawit Indonesia

Menurut Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini sektor perkebunan memiliki peran penting dan strategis karena sektor perkebunan ini memiliki peran dalam peningkatan pendapatan, penyerapan tenaga kerja, penerimaan devisa, Produk Domestik Bruto (PDB), penyediaan bahan baku industri, pusat pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan.

“Oleh karena itu, percepatan pembangunan pada sektor perkebunan, dan mengintegrasikannya dengan sub sektor lain, sangat penting untuk dilakukan,” katanya.

Paman Birin berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat, membangun dan meningkatkan sinergitas, koordinasi, komitmen, dan kerjasama antar pemerintah daerah dengan stakeholder demi terwujudnya perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, serta terwujudnya kemandirian ekonomi petani kelapa sawit.

Hal itu sebagaimana tema yang diangkat dalam kegiatan ini, yaitu ”Meningkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Koperasi untuk Mendorong Kreatifitas Sektor UMKM, Demi Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Petani Kelapa Sawit”.

“Semoga melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat, menyamakan persepsi, komitmen, untuk perwujudan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, dan kemandirian ekonomi petani kelapa sawit,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Sawit (Kopsa) Setara, KH. Suher mengatakan, Kopsa Setara terus memberikan kesempatan untuk seluruh elemen masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap pengembangan kelapa sawit yang berkelanjutan di Indonesia untuk bergabung menjadi anggota koperasi.

“Saat ini Kopsa Setara memiliki beberapa unit usaha dan terbaru Kopsa Setara menjadi distributor resmi dari Damimas Sejahtera,” katanya.

Ketua DPW APKASINDO Riau Periode 2019 – 2024 itu berharap, Kopsa Setara dapat menjangkau semua kalangan, memberikan dampak positif untuk petani sawit Indonesia.

“Semoga bertambah pula unit-unit usaha yang dijalankan oleh Kopsa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan syukuran HUT ke 1 Kopsa Setara dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Ketua Koperasi Sawit (Kopsa) Setara, KH Suher dan diberikan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.