20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tahap ke Lima Dibuka, BLK Kalsel Harapkan Siswa Lulusannya Dapat Terjun ke Dunia Kerja

2 min read

Suasana pembukaan Pelatihan Tahap V BLK Kalsel

BANJARBARU – Demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalimantan Selatan (Kalsel), Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel terus menerus memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat agar mampu menjadi tenaga kerja yang andal.

Terbukti pada Kamis (13/10), BLK Kalsel kembali menggelar pelatihan untuk yang ke lima kalinya di tahun 2022 ini. Setelah sebelumnya menyelesaikan 4 pelatihan yang dimulai sejak Maret lalu.

Kepala BLK Kalsel, Muhammad Yusfiansyah mengungkapkan, ada 6 jenis kejuruan yang diajarkan oleh pihaknya pada tahap ke 5 ini, yakni Computer Operaror Assistant, Teknisi Perawatan AC Residential, Teknisi Audio Video, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi, Pengelolaan Administrasi Perkantoran, serta Pengoperasian Mesin Bubut.

Setiap kejuruan disebutkannya ada 16 siswa yang akan dididik selama kurang lebih satu setengah bulan, ditambah dua bulan masa magang.

“Tapi kalau mereka sudah mendapatkan tawaran kerja setelah mengikuti pelatihan, (mereka) tidak perlu lagi mengikuti masa magang,” terangnya.

Yusfiansyah berharap seluruh siswa yang mengikuti pelatihan di BLK Kalsel, dapat langsung terjun ke dunia kerja maupun usaha. Apalagi diakuinya, sejumlah perusahaan seringkali meminta karyawan lulusan dari BLK Kalsel.

“Ya Insyaallah (siswa) sudah pasti terserap (ke dunia kerja), tinggal menunggu (lulus) aja lagi, karena selain kita berikan surat kelulusan dan sertifikat, kita juga melampirkan hasil ujian setiap siswa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada pembukaan pelatihan tahap ke 5 ini memberikan kesan yang berbeda dibading sebelumnya. Sebab pada tahap ini, kegiatan dirangkai dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diikuti oleh seluruh peserta di Masjid BLK Kalsel.

“Karena kan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, jadi kita juga ingin mengambil berkah, karena kita juga kan tidak hanya hidup di dunia saja melainkan juga di akhirat,” tutupnya.(SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.