23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

27 Provinsi se-Indonesia Ikuti Parade Pawai Taaruf MTQ Nasional XXIX di Kalsel

2 min read

BANJAR – Ribuan masyarakat Kalimantan Selatan dan pelajar memadati depan kantor Bupati Kabupaten Banjar, Kalsel untuk menyaksikan kegiatan Pawai Taaruf bagian dimulainya MTQ Nasional ke-29 yang dilaksanakan dari 10 – 19 Oktober 2022.

Mulai dari anak-anak usia sekolah, remaja, hingga masyarakat sangat antusias menyaksikan Pawai Ta’aruf, bahkan mereka rela berdesak desakan dibawah teriknya matahari untuk menyaksikan rombongan Kafilah peserta MTQN pada Selasa (11/10).

Pawai taaruf dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang dihadiri Bupati Kabupaten Banjar Syaidi Mansyur, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupeten dan Kota se-Kalsel, serta perwakilan kepala daerah tingkat provinsi Se-Indonesia yang mengikuti kegiatan pawai taaruf ini. Pawai ta’aruf yang diikuti oleh 27 Provinsi se-Indonesia, 13 kabupaten/kota, dan sejumlah BUMD serta Organisasi Masyarakat di Kalimantan Selatan ini, diselenggarakan dalam rangka memeriahkan gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Kalsel dengan menonjolkan nuansa ciri khas dari setiap provinsi atau daerah masing-masing.

Pembukaan pawai taaruf oleh gubernur Kalsel sahbirin Noor

Dalam sambutannya, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan, dengan dibukanya pawai taaruf maka menandakan kesiapan Provinsi Kalsel dalam menggelar event MTQ Nasional ke 29, serta menjaga hubungan tali silaturahmi dan kepedulian sosial antar rakyat Indonesia. Sehingga diharapkan para Khafilah dapat saling mendukung kesuksesan pergelaran MTQ Nasional yang sudah 50 tahun tidak diselenggarakan.

“Hari ini kita merasakan bersama suasana persaudaraan dan saling kenal meski di tengah perbedaan. Kita menyaksikan pertunjukan dari berbagai provinsi dan lembaga yang melambangkan kebaikan, silaturahmi, dan kekompakan untuk menghidupkan syiar Islam,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin menambahkan, Pelaksanaan Pawai Ta’aruf merupakan kegiatan yang menampilkan budaya masing-masing provinsi se-Indonesia juga melambangkan Hubungan antara sesama manusia. Sehingga Masyarakat Kalsel diharapkan, dapat ikut mensukseskan kegiatan MTQ Nasional dengan berdatang untuk melihat event MTQ Nasional tahun 2022 ini.

“Pawai Ta’aruf juga menjadi sarana memperkenalkan budaya dan kesenian Islam, keberagaman budaya dan seni Islam merupakan pengingat pesan kebaikan dan fitrah kemanusiaan,” lanjut Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin menyampaikan, sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta, pihaknya akan memberikan uang pembinaan, piagam penghargaan, dan tropi kepada provinsi yang berhasil masuk peringkat 1, 2, dan 3.

“Kami bersyukur pawai ta’aruf ini berjalan dengan lancar meskipun tidak semua perwakilan dari program provinsi peserta MTQ Nasional XXIX bisa mengikutinya,” tutup Syarifuddin. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.