15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Diskop UKM Kalsel Fasilitasi Penyambutan dan Pengantaran Dewan Hakim MTQN ke 29

2 min read

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai

BANJARMASIN – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, kepada Abdi Persada FM, melalui sambungan telepon, pada Senin (10/10) menjelaskan, dalam gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke 29, pihaknya mendapat tugas utama memfasilitasi penyambutan dan pengantaran Dewan Hakim, Pengawas, Panitera dan Panitia Pusat.
Menurutnya ada sebanyak 250 orang, dan pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan Kementerian Agama Kalimantan Selatan.

“Armada yang disiapkan 70 buah mobil. Kita mulai melakukan penjemputan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, sejak tanggal 9 hingga 11 Oktober 2022,” katanya

Rifai mengatakan, selain itu pihaknya juga mendapat tugas melayani kafilah dari Provinsi Bengkulu, ada sebanyak 65 orang, baik peserta, pendamping dan pelatih, yang akan mengikuti sembilan cabang lomba tersebar di seluruh venue, mulai di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Banjarmasin.

“Kita menyiapkan armada transportasi untuk mengantar jemput kafilah menuju venue acara, hingga selesai MTQN,” ucapnya.

Lebih lanjut Rifai, yang juga sebagai Wakil Koordinator Bidang Pameran MTQ dan Kalsel Expo Nasional ini menambahkan, pihaknya mempersiapkan stand bagi pelaku usaha kecil menengah sebanyak 40 buah di panggung utama Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Nasional di Kiram Park, serta di sekitaran Mesjid Bambu, Kiram. Ia berharap para UMKM mempromosikan dan menjual produknya, untuk meraih peluang pasar baik Nasional hingga Internasional, karena para pengunjung yang datang tidak hanya berbelanja keperluan selama berada di Kalsel, pasti akan membeli buah tangan, saat kembali ke Provinsinya masing-masing.

“Ada banyak produk yang dijual seperti makanan, minuman, yang siap saji, kemasan dan herbal, hasil kerajinan diantaranya kain sasirangan, tas purun, anyaman serta batu permata khas Kalsel,” tutupnya

Untuk diketahui, sesuai arahan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kalsel, mendapatkan tugas untuk melayani kafilah yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia, diantaranya Dinas Perdagangan Kalsel akan melayani kafilah Provinsi Kalimantan Timur, dan Dinas Pariwisata Kalsel melayani kafilah dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.