27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Matangkan Persiapan, Pemprov Kalsel Optimis MTQ Nasional ke 29 Berjalan Lancar

2 min read

Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar (tengah), saat memimpin rakorda kesiapan MTQ Nasional ke 29

BANJARBARU – Kurang dari sepekan pelaksaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 29, Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) kembali memantapkan persiapan melalui rapat koordinasi daerah (rakorda) dengan seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran MTQ.

Berpusat di hotel berbintang kota Banjarbaru, Rabu (5/10), rakorda dipimpin oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang diwakili Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar

Dalam hasil rakorda tersebut persiapan seluruh venue terutama venue utama di Kiram Park, Kabupaten Banjar, ditargetkan dapat selesai pada 8-9 Oktober atau H-3 menjelang pelaksanaan MTQ.

“Kalau di venue utama nanti kita akan adakan gladi kotor pada 10 Oktober, dan untuk venue lainnya itu sebenarnya di target pada H-2, dan diprediksi Insyaallah sebelum H-2 juga sudah selesai,” ucap Roy.

Untuk hadiah, souvenir, dan trofi, disebutkan Roy, saat ini sudah 100 persen selesai. Namun dalam pengamanan dan rekayasa lalu lintas, ia masih meminta koordinasi lebih lanjut dari pihak terkait agar tidak terjadi penumpukan massa.

“Kalau untuk fasilitas jalan, PJU, dan energi sudah siap semua. Tadi PLN mengaku sudah menambahkan trafo di beberapa titik, dan untuk jalan saya lihat hampir semua sudah selesai dikerjakan tinggal menambahkan marka dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dengan seluruh kesiapan tersebut diakui Roy, saat ini pihaknya tinggal mematangkan koordinasi serta memastikan tahapan, kesiapan, peralatan dan sarana prasana lainnya termasuk petugas yang akan disiapkan di seluruh venue.

“Ini masih ada waktu, kita akan terus melakukan rapat dan meminta laporan kepada teman-teman koordinator, dan harapan kita penyelenggaraan MTQ Nasional ke 29 di Kalsel berjalan lancar,” katanya.

Pada rakorda tersebut Roy juga meluncurkan website resmi MTQ Nasional ke 29 dengan alamat http://mtq29.kalselprov.go.id.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, website tersebut beguna sebagai pusat informasi atau panduan bagi seluruh kafilah serta seluruh masyarakat di Indonesia terhadap pelaksanaan event keagamaan Islam terbesar ini.

“Melalui website itu kita bisa mengakses informasi terkait update saat MTQ berlangsung, begitu juga informasi mengenai venue-venue lomba, semua bisa kita lihat langsung lewat website itu,” ungkapnya.

Selain itu, Muslim mengaku pihaknya juga akan menyiapkan Media Center dengan melibatkan pejabat maupun panitia yang berwenang untuk memudahkan awak media dalam mencari informasi terkini terkait MTQ Nasional ke 29.

“Rencananya kita juga menyiapkan streaming untuk setiap lomba yang berlangsung,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.