26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disperin Kalsel Siapkan 4000 Produk IKM Khas Banua Untuk Peserta MTQN ke-29

2 min read

Kepala Dinas Perindustrian Kalsel Mahyuni

BANJARBARU – Provinsi Kalsel akan segera menggelar salah satu event besar yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tahun 2022, yang akan diselenggarakan di 3 Kabupaten-Kota di Kalsel sejak 12 – 18 Oktober 2022. Event lomba MTQ juga akan dihiasi berbagai kegiatan pameran MTQ yang dikemas dalam Kalsel EXPO 2022 di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar.

Pada Event skala nasional ini, Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel mendapatkan tugas pada bidang 15, yakni penyiapan trofi, hadiah, cinderamata dan souvenir. Adapun cinderamata yang akan diberikan kepada tamu undangan MTQ yakni Kitab Sabilal Muhtadin, Al-Qur’an dengan terjemahan bahasa Banjar, Kitab Saiful Mukmin, serta kitab perukunan jamaluddin, yang akan disusun sebaik mungkin dan dibuat kedalam tas anyaman dari bamban. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni, kepada Abdi Persada FM, Rabu (5/10) sore tadi.

Disampaikannya, untuk cinderamata yang akan dibagikan kepada para tamu undangan, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 500 paket cinderamata untuk dibagikan, dan 4000 souvenir yang juga akan dibagikan kepada para tamu undangan dan peserta MTQ nantinya.

“Untuk souvenir ada 12 item yang akan diberikan kepada para khafilah, yakni sasirangan dengan desain premium, tasbih fuqaha, abon ikan haruan, amplang, syrup limau kuit, sari buah kasturi, wadai talipuk, kopi pasak bumi, bumbu masakan Banjar siap pakai, dan kacang jaruk khas Barabai,” ungkap Mahyuni.

Dilanjutkan Mahyuni, souvenir yang akan dibagikan kepada para peserta MTQ merupakan item-item khas dari berbagai daerah di Banua, sehingga peserta MTQ yang berasal dari Daerah lain dapat mengenal makanan khas Banua ini.

“Dengan adanya Ajang MTQ Nasional 2022 ini, harapannya makanan-makanan Khas Kalsel dapat lebih dikenal masyarakat daerah lain,” tutup Mahyuni. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.