15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Akan Bangun Kerjasama Berbagai Sektor Dengan Jepang

2 min read

Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar (kanan), saat memberikan cenderamata kepada Konjen Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi (kiri)

BANJARBARU – Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi, melakukan kunjungan ke kantor Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel, Banjarbaru, Rabu (5/10).

Suasana audiensi Konjen Jepang di Surabaya ke Kantor Sekda Kalsel, Banjarbaru, Rabu (5/10)

Kedatangan Konjen yang fasih berbahasa Indonesia ini, disambut baik oleh Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar, yang didampingi Kepala Dinas PMPTSP Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, serta Kabid Ekonomi dan SDA BAPPEDA Kalsel, Mahrita.

Kenichi menjelaskan ada dua hal yang menjadi tujuan kedatangannya kali ini, yakni meminta Pemprov Kalsel agar turut membantu perlindungan warga Jepang yang ada di Kalsel, dan untuk mengenalkan lebih jauh tentang Jepang kepada Pemprov Kalsel terutama mengenai program beasiswa dari Pemerintah Jepang hingga penerimaan tenaga kerja bidang keperawatan.

“Jepang saat ini sebetulnya sangat membutuhkan perawat untuk mengurus lansia, karena tenaga kerja di Jepang saat ini sudah mulai berkurang, jadi kita sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia,” ucapnya.

Selain di bidang keperawatan, Kenichi menyebut ada 13 bidang kerja lainnya yang saat ini dibutuhkan di “Negeri Sakura” tersebut, diantaranya perkapalan, konstruksi, perhotelan.

“Sekitar 340.000 orang tenaga kerja yang saat ini kita butuhkan dari seluruh dunia, tetapi kami berharap banyak orang Indonesia juga yang dapat bekerja di Jepang,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Kenichi juga menyebut akan turut memastikan investasi yang akan masuk ke Kalsel akan berjalan dengan baik, meskipun pada dasarnya hal tersebut merupakan tugas dari lembaga yang dipimpinnya.

Melihat peluang ini, Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengaku dalam waktu dekat Pemprov Kalsel akan mulai melakukan pendekatan kepada investor dari Jepang, untuk mengetahui kerjasama yang dapat dibangun di provinsi ini.

“Banyak kerjasama yang tadi beliau (Konjen) sampaikan, termasuk dalam hal tenaga kerja bidang keperawatan tadi, karena setiap tahunnya kata beliau tadi Indonesia hanya mampu mengirim 350 dari 500 perawat yang diminta oleh Jepang, jadi Kalsel juga harus meningkatkan kualitas SDM terutama di bidang keperawatan,” ungkapnya.

Selain itu Roy mengungkapkan, peluang kerjasama di bidang pendidikan dan pariwisata juga menjadi kesempatan masyarakat di Kalsel untuk meningkatkan mutu SDM dan perekonomiannya.

“Ini permulaan yang cukup bagus, kita akan coba perdalam, kita akan coba tindak lanjuti, sehingga kedepan Kalsel harapannya bisa menjadi lebih baik,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.