19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

APBD Kalsel 2023 Diharapkan Capai Enam Prioritas Pembangunan

2 min read

BANJARMASIN – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 diharapkan dapat mencapai enam prioritas pembangunan. Hal itu disampaikan dalam pemandangan umum Fraksi PKS DPRD Kalsel yang dibacakan oleh Firman Yusi pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel, Rabu (5/10).

Firman menyampaikan bahwa Fraksi PKS sepakat bahwa Rancangan APBD Kalsel Tahun 2023 yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi di tahun depan, khususnya mencapai enam prioritas pembangunan, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta optimalisasi sektor industri UMKM, pertanian dan pariwisata.

“Memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik, meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana, serta mewujudkan Kalsel sebagai gerbang Ibukota Negara,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Firman, sebagai pendukung food estate dengan fokus pembangunan daerah Kalsel yaitu kesehatan, pendidikan dan keterampilan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan ketenagakerjaan, investasi hilirisasi industri, pertanian dan pariwisata, banjir, kebakaran hutan dan lahan.

Ditambahkan Firman, Fraksi PKS DPRD Kalsel juga mendorong penggunaan APBD 2023 lebih fokus terhadap kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan publik terutama pendidikan dan kesehatan serta pertumbuhan ekonomi daerah.

Untuk diketahui, DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan, Mariana didampingi Wakil Ketua Dewan, Karmila, Rabu (5/10). Adapun agenda rapat yaitu pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan terhadap penjelasan Gubernur Kalsel atas Rancangan APBD Tahun 2023.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kalsel

Rapat paripurna DPRD Kalsel tersebut dihadiri Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil, anggota DPRD Kalsel, sejumlah pejabat SKPD lingkup Pemprov dan Forkopimda. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.