15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kunjungi Perpustakaan Palnam, Ini Harapan Gerkatin Kota Banjarbaru

2 min read

BANJARMASIN – Sebanyak empat orang empat orang Teman Tuli (sebutan tunarungu) dan dua orang Juru Bahasa Isyarat (JBI) mengunjungi Perpustakaan Palnam milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (17/9).

Empat orang Teman Tuli tersebut yaitu Ridho, Mona, Toni, dan Intan. Mereka tergabung dalam organisasi Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Kota Banjarbaru. Kegiatan mereka salah satunya adalah setiap hari minggu adalah pelatihan bahasa isyarat bagi Teman Tuli dan Teman Dengar di sekitar kota Banjarbaru.

Suasana Kunjungan Perwakilan Gerkatin dan Juru Bahasa Isyarat ke Perpustakaan Palnam.

Kunjungan mereka ke Perpustakaan Palnam adalah salah satu pihak dari kawan-kawan disabilitas yang memberikan saran untuk layanan disabilitas, juga aksesibilitas.

Mereka sangat terkesan dengan kondisi perpustakaan palnam yang besar, nyaman, dan banyak tersedia buku-buku serta petugas perpustakaan yang ramah.

“Kami menyarankan agar memberikan tulisan pada setiap rak dan bagian-bagian yang memudahkan mereka membaca (guiding visual) karena tidak semua Teman Tuli juga memahami setiap makna dari kata yang ditulis, ” kata Teman Tuli Ridho yang merupakan lulusan dari Pendidikan Khusus (PKh) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam bahasa isyarat yang diterjemahkan oleh JBI.

Mereka juga mengharapkan ada dari petugas perpustakaan yang dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa isyarat, untuk komunikasi. Selain itu, ada tambahan penunjuk arah, seperti yang di depan musholla atau di setiap ruangan dan bagian-bagian yang dikunjungi.

Teman Tuli Ridho mengaku pada awalnya tidak mengetahui bahwa peminjaman buku di perpustakaan palnam itu gratis, mereka mengira akan dipungut biaya sehingga diharapkan bisa ditambahkan keterangan atau informasi visual bahwa hal itu GRATIS.

Mereka juga sangat senang bisa menjadi anggota perpustakaan palnam yang ditandai dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan akan memberitahu kepada Teman Tuli lainnya. (DISPERSIPKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.