25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Suripno Sosialisasikan Tugas dan Wewenang Pengawas Pemilu

1 min read

Suasana Sosialisasi UU Pemilu oleh Anggota DPRD Kalsel, Suripno Sumas

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Suripno Sumas melakukan sosialisasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait Tugas dan Wewenang Pengawas Pemilu yang diikuti puluhan Ketua RT/RW di Kota Banjarmasin, Kamis (1/9).

Suripno menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada para Ketua RT/RW agar mereka mengetahui dan memahami tentang tugas dan wewenang Pengawas Pemilu. Pasalnya, menurutnya tidak menutup kemungkinan nanti ketika Pemilu 2024 dilaksanakan, para Ketua RT/RW ini terpilih menjadi Pengawas Pemilu, baik di tingkat TPS, kecamatan maupun di kota Banjarmasin.

“Selain itu, meskipun mungkin Ketua RT/RW tersebut tidak terpilih menjadi Pengawas Pemilu, akan tetapi dengan adanya pengetahuan mengenai tugas dan wewenang Pengawas Pemilu ini, mereka dapat melakukan pengawasan secara individu dan memberikan kritik maupun saran kepada petugas pengawas Pemilu agar menyelenggarakan Pemilu secara jujur dan adil,” tambahnya.

Sementara, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, Azhar Ridhani sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, mengharapkan para Ketua RT/RW ini dapat melakukan pencegahan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang memungkinkan terjadi pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu.

“Para Ketua RT ini adalah simbol dari warga di kampung-kampung sehingga kami berharap mereka bisa taat peraturan dan mencegah pelanggaran di setiap tahapan Pemilu,” jelasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.