22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Bukti Komitmen Terhadap SPBE, Dinas Kominfo Kalsel Gelar Bimtek Digital

2 min read

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, saat mempresentasikan aplikasi Dashboard Command Center

BANJARBARU – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berkomitmen untuk meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Digital tentang penggunakan absensi elektronik (e-Performance).

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim (tengah), saat memimpin Bimtek Digital e-Performance

Berpusat di Ruang Rapat H Maksid Setdaprov Kalsel, Bimtek Digital dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, pada Jumat (2/9). Diikuti seluruh admin e-Performance dari masing-masing SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim (kiri), saat memimpin Bimtek Digital e-Performance

Di sela kegiatan, Muslim mengungkapkan Bimtek ini bertujuan untuk memantapkan fungsi dan peran seluruh admin absensi di setiap SKPD dalam meningkatkan kinerja ASN melalui sistem Aplikasi Kinerja Kalimantan Selatan (APIK).

Dimana dalam APIK itu disebutkannya, salah satunya ada absensi ASN yang dikaitkan dengan e-Government dan akan berpengaruh terhadap Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Sehingga seluruh peserta Bimtek ini sangat memegang kendali terhadap nasib kawan-kawan (ASN) lainnya,” ucap Muslim.

Selama ini lanjut Muslim, banyak ASN yang mengeluhkan pengakumulasian sistem keterlambatan di aplikasi e-Performance ini.

“Padahal berdasarkan laporan, mereka hanya terlambat beberapa menit saja, tetapi tetap mendapatkan potongan (TPP) yang tidak sedikit, makanya di Bimtek ini saya ingin mendiskusikan apa saja yang masih menjadi keluhan teman-teman di lapangan untuk mencari jalan yang terbaik,” tuturnya.

Selain itu, melalui Bimtek ini Muslim meminta kepada semua SKPD agar menginformasikan output kegiatannya melalui website masing-masing agar kerja dan kinerja SKPD dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya berharap para admin inilah yang menjadi pintu informasi bagi SKPD nya masing-masing,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Kominfo Kalsel juga melakukan soft launching Aplikasi Dahsboard Command Center bernama LISKA, untuk mengoptimalkan fungsi Command Center sebagai ruang dalam memunculkan segalam macam informasi di Kalsel.

“Jadi nanti disini Bapak Gubernur dapat melihat berbagai macam informasi seperti iklim, lalu lintas, serta data-data yang berkaitan dengan kinerja SKPD dilingkup Pemprov Kalsel” ungkapnya.

Muslim menuturkan, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan awal, dan perlu dukungan dari SKPD lain selaku produsen data agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

“Kita perlu dukungan dari teman-teman daru SKPD lain selaku produsen data untuk mengupdate dan membagikannya kepada Dinas Kominfo selaku wali data di Kalsel,” tuturnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.