23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

MTQ Nasional, Dispar Kalsel Siapkan Pawai Ta’aruf dan City Tour

2 min read

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan akan mempersiapkan pelaksanaan City Tour dan Pawai Ta’aruf bagi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, kepada wartawan belum lama tadi mengatakan,
saat ini pihaknya mulai mempersiapkan City Tour dan Pawai Ta’aruf, dan terus menjalin koordinasi dengan panitia MTQ Nasional, baik di tingkat Provinsi Kabupaten dan Kota.

“Ada tiga wilayah untuk City Tour yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar,” katanya

Syarifuddin menjelaskan, pelaksanaan City Tour nanti, rencananya dimulai 12 – 18 Oktober 2022, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan panitia di Provinsi, terkait peserta yang bisa dibawa pada kisaran tanggal tersebut.

“Kita akan membawa peserta City Tour ini, bagi yang tidak ada jadwal tampil,” jelasnya

Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, untuk destinasi wisata, pihaknya telah menetapkan tempat yang akan dikunjungi, untuk Kota Banjarmasin, peserta akan dibawa ke wisata religi seperti ke Makam Habis Bahasyim di Kubah Basirih, Mesjid Sultan Suriansyah, dan Mesjid Sabilal Muhtadin, dilanjutkan pengenalan pasar terapung di Siring Jalam Pierre Tendean, dan Museum Wasaka sebagai Museum Perjuangan.

Selanjutnya, untuk Kota Banjarbaru, peserta City Tour akan dibawa mengunjungi ke Kampung Purun, Pendulangan Intan Cempaka, Museum Lambung Mangkurat, dan Kebun Raya Banua yang ada di Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Kalsel. Sedangkan di Kabupaten Banjar, pihaknya akan membawa ke Makam Guru Sekumpul, Makam Datu Kelampaian, Taman Hutan Rakyat, Bukit Batu, dan Desa Wisata Tiwingan Lama.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan para pengelola destinasi wisata, agar mereka mempersiapkan sebaik-baiknya untuk menyambut tamu peserta MTQ ini, agar menjadi kenangan yang menarik, sehingga dapat mempromosikan potensi wisata di Kalsel,” tutupnya panjang lebar.

Untuk diketahui, dalam Pawai Ta’aruf nanti masih seperti rencana awal, peserta akan berjalan kaki, mulai dari Mesjid Agung Al-Karomah, Martapura Kabupaten Banjar, memakai kostum atau hiasan yang menjadi ciri khas dari 34 provinsi di Indonesia. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.