20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Dukung Perkembangan Olahraga Sambo di Banua

2 min read

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi mendukung perkembangan olahraga Sambo di Banua.

Hal itu disampaikannya usai menerima audiensi perwakilan pengurus Persambi Sambo Kalsel di ruang Fraksi Golkar DPRD Kalsel, Rabu (24/8).

Suasana audiensi Pengurus Persambi Sambo Kalsel dengan Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi

Menurut Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini, meskipun olahraga Sambo ini termasuk cabang olahraga baru, namun ternyata atlet Sambo di Kalsel sudah menorehkan prestasi yang luar biasa. Terbukti mereka berhasil meraih medali emas di tingkat nasional maupun internasional.

“Sambo ini memang cabang olahraga baru, baik di kancah nasional maupun daerah. Tetapi untuk atlet Sambo asal Kalsel sudah memiliki prestasi luar biasa. Belum lama tadi, kontingen Sambo Kalsel berhasil meraih empat medali emas, satu perak dan tiga perunggu di Kejuaraan Nasional Sambo 2022 di Bandung,” jelasnya.

Paman Yani juga menilai prestasi tersebut tentu sangat membanggakan bagi Kalsel. Karenanya, ia mengharapkan stakeholder terkait dapat terus menjalin kolaborasi dalam mengembangkan olahraga termasuk Sambo di 13 kabupaten/kota di Banua

Sementara itu, Ketua Harian Persambi Sambo Kalsel, Yayat Hadiat mengatakan kedatangannya bertujuan untuk konsultasi dan meminta arahan dari Ketua Umum Persambi Sambo Kalsel sekaligus Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi dalam pelaksanaan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sambo yang dijadwalkan pada September 2022 mendatang.

“Alhamdulillah Ketua Umum memberikan dukungan penuh, baik pelaksanaan secara umum maupun nanti kita giatkan ke 13 kabupaten/kota di Kalsel,” terangnya.

Sedangkan Sekretaris Umum Persambi Sambo Kalsel, Ricky Fajar menambahkan dalam Kejurprov nanti, pihaknya menargetkan lebih banyak menggali potensi-potensi atlet Sambo berbakat yang ada di 13 kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan itu menjadi salah satu upaya untuk bisa mengembangkan cabor Sambo, menggelorakan dan menggerakkan atlet-atlet Sambo terbaik agar bisa berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Untuk diketahui, olahraga Sambo merupakan jenis bela diri yang berasal dari Rusia, di negara tersebut Sambo populer pada tahun 1940-an. Pada perhelatan Asian Games 2018, Sambo sudah masuk dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.