26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Launching MTQ Nasional XXIX, Wamenag Puji Kesiapan Kalsel Sebagai Tuan Rumah

2 min read

Wamenag RI (tengah) berfoto bersama usai Launching MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin

BANJARMASIN – Penyelenggaraan Mussabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 yang mengangkat tema, Dengan MTQ Nasional kita tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur’ani Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Religius dan Moderat, diharapkan mampu membentuk manusia yang berprilaku, bekerja, dan bermasyarakat, senantiasa condong kepada jalan yang lurus. Harapan itu disampaikan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi saat Lauching MTQ Nasional XXIX di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Kamis (25/8) siang.

Momen saat MTQ Nasional XXIX resmi diperkenalkan kepada publik

Dalam sambutannya, Zainut Tauhid menjelaskan, penunjukan Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIX Tahun 2022, melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 442 Tahun 2020, sudah melalui berbagai pertimbangan. Yakni terkait kesiapan transportasi dan akomodasi, serta sarana dan prasarana yang memadai, dukungan pendanaan dan kerjasama dengan pihak terkait yang begitu kuat, serta karakteristik masyarakat Kalimantan Selatan yang religius dan moderat. Semuanya menjadi modal penting dalam melaksanakan event nasional ini.

“Provinsi Kalimantan Selatan juga memiliki pengalaman menjadi tuan rumah pada MTQ Nasional Tahun 1970, dan STQ Nasional tahun 2011, yang berjalan dengan sangat baik. Hal inilah yang semakin memberikan keyakinan kepada kita semua, bahwa penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX tahun ini akan berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Launching MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini merupakan salah satu bentuk publikasi sekaligus penanda kesiapan Provinsi Kalimantan Selatan, menyongsong pelaksanaan MTQ yang akan dilaksanakan pada 10 – 19 Oktober 2022 nanti.

“Saya berharap seluruh Kementerian dan Lembaga yang terlibat dalam melaksanakan event akbar ini mampu bekerjasama dan bersinergi dengan baik serta berkoordinasi secara intensif, dalam mempersiapkan seluruh komponen yang dibutuhkan, demi terselenggaranya kegiatan ini secara maksimal,” pesan Zainut

Tidak lupa, Zainut juga menyampaikan rasa gembira, apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Panitia Pelaksana Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022, khususnya kepada Gubernur Kalimantan Selatan beserta seluruh jajarannya yang sudah sangat baik mempersiapkan kegiatan nasional ini. Ia juga berharap, kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta membawa dampak yang besar dalam peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai nilai Al-Qur’an di tengah tengah masyarakat muslim Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, Kalsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional adalah sebuah kebanggaan dan menjadi sejarah tersendiri bagi Banua.

“Setelah lebih dari setengah abad lamanya, terakhir tahun 1970, Kalsel kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Kepercayaan yang diberikan ini, membuat kami lebih berkomitmen memberikan yang terbaik. Saya berharap dukungan dari masyarakat, dapat menyukseskan penyelenggaraan even nasional ini,” harapnya.

Gubernur memaparkan, MTQ tingkat nasional di Kalsel akan digelar di tiga daerah, yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin, dengan venue atau lokasi lomba tersebar di berbagai tempat.

“Venue utama di Kiram Park Kabupaten Banjar, Masjid Agung Alkaromah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Masjid Nurul Iman, aula serba guna Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel, asrama haji, auditorium ULM Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura,” tutup Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.