28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Sukses Gelar Festival Wisata Budaya Pasar Terapung

2 min read

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kalsel, Nurul Fajar Desira, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan melalui Dinas Pariwisata, sukses menggelar Festival Wisata Budaya Pasar Terapung.

Suasana pembukaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung

Kepada sejumlah wartawan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira, usai menutup acara, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 72 tahun dan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun.

“Kegiatan ini merupakan langkah Pemerintah menjaga eksistensi budaya dan pemulihan ekonomi,” katanya

Disampaikan Fajar, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak, terlaksananya Festival Wisata Budaya Pasar Terapung tahun ini, mereka datang untuk langsung menyaksikan baik pembukaan hingga penutupan di Siring Nol Kilo Meter sejak 12 – 14 Agustus 2022.

“Berbagai kegiatan lomba digelar seperti perahu hias, lomba masak boom antar SKPD, lomba masakan Banjar kalangan pelajar, fashion carnaval dan kampung Banjar. Selain dihibur penampilan kesenian Madhihin dan Mamanda, Band Ibukota,” ungkap Fajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin mengatakan, kegiatan ini telah berjalan sukses dari pembukaan hingga penutupan yaitu tercipta keamanan dan suasana kondusif dilapangan. Ia berharap tahun depan akan digelar lebih meriah.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin

“Kita apresiasi seluruh warga yang datang mengutamakan aman dan nyaman dalam berwisata,” jelasnya

Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, dalam kegiatan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, kunjungan ini tidak hanya dari 13 kabupaten dan kota, namun banyak juga turis mancanegara, hal ini tentu turut berkontribusi dalam pembangunan sektor pariwisata di Banua.

“Adanya atraksi budaya jukung sebagai salah satu sarana transportasi yang masih digunakan masyarakat Banjar dalam berpromosi,” tutup mantan Pj Bupati Kotabaru.

Untuk diketahui, dalam Festival Wisata Budaya Pasar Terapung tahun 2022, Juara Lomba Perahu Hias, Juara satu SKPD Dinas Sosial,Dinas ESDM, RSUD Ansari Saleh, Biro Pengadaan Provinsi Kalimantan Selatan, Juara dua dari SKPD Dispora, BKD, BPBD dan Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan, serta Juara tiga dari SKPD Dinas lingkungan hidup, DPMPTSP, dan Biro Administrasi Pembangunan. Selanjutnya Juara kampung Banjar, Juara satu dari Kabupaten Kotabaru, Juara dua Kota Banjarmasin, dan Juara tiga Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Untuk Lomba Pawai Budaya Juara pertama dari Kabupaten Balangan, Juara dua Tanah Bumbu dan Juara tiga Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Lomba masak Boom (masak merah tradisional) Juara pertama dari Dinas Pariwisata, Juara dua Dinas Kesehatan dan Juara tiga RSUD Provinsi Kalimantan Selatan, kemudian Lomba masak antar pelajar Juara pertama peserta 7 MAN 2 Banjarmasin, Juara dua peserta 13 MAN 2 Banjarmasin, dan Juara tiga SMKN 4 Banjarmasin, serta Lomba Fashion Carnaval Kategori Pelajar Juara satu dari SMA 1 Kotabaru, Juara dua SMA 10 Banjarmasin dan Juara tiga SMKN 4 Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.