27 September 2022

Paman Birin Ajak Songsong Kalsel Layak Jadi Gerbang IKN

2 min read

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengajak semua elemen di Banua untuk bekerja keras agar Kalsel layak menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nanti.

Ajakan itu disampaikannya saat peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalsel pada rapat paripurna istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin, Mariana dan Karmila, pada Rabu (10/8).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, untuk layak sebagai gerbang IKN, hendaklah merefleksikan perjuangan para pendahulu, terutama dalam pembentukan Kalsel pada 14 Agustus 1950 lalu.

Suasana Peringatan Harjad ke 72 Kalsel dalam rapat paripurna DPRD Kalsel

Selain itu, dirinya mengajak meningkatkan komitmen untuk bersatu dan memberikan karya serta prestasi terbaik bagi Banua Kalsel.

“Kita gelorakan pula semangat bergerak, ‘batiti adat’ (meniti adat) dan tegakkan agar Banua ‘harat’ (bagus/unggul). Begitu pula kita sinari kehidupan bermasyarakat di Kalsel dengan suluh iman, sehingga Banua Kalsel menjadi terang di segala aspek kehidupan dan pembangunan,” jelasnya.

Sebelum memulai rapat paripurna istimewa tersebut persembahan tarian tradisional “Baksa Kembang” diiringi lantunan musik khas daerah Kalsel.

Pada kesempatan itu pula dibacakan sejarah singkat terbentuknya Provinsi Kalsel, kejadian penting hingga perkembangannya oleh Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin.

Tak hanya itu, nama-nama Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel serta Ketua DPRD Kalsel terdahulu juga dibacakan untuk mengenang perjalanan Provinsi Kalsel sejak dibentuk 72 tahun yang lalu hingga saat ini.

Turut hadir dalam rapat paripurna istimewa itu antara lain Wakil Gubernur Kalsel Muhidin, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, sejumlah pejabat SKPD lingkup Pemprov serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

yd Project. | Newsphere by AF themes.