20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pembentukan SMK BLUD Kalsel Sudah Semakin Dekat

1 min read

Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Syamsuri

BANJARBARU – Pembentukan 9 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sudah semakin dekat.

Adapun 9 SMK tersebut adalah SMKN 2 Banjarmasin, SMKN 3 Banjarmasin, SMKN 4 Banjarmasin, SMKN 5 Banjarmasin, SMKN 2 dan SMKN 3 Banjarbaru, SMKN 1 Martapura, SMKN 2 Amuntai, serta SMK PP Negeri Pelaihari.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Syamsuri, mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sudah mempresentasikan pembentukan ini di hadapan tim penilai BLUD dari Sekda Kalsel, diantaranya Biro Perekonomian Kalsel, BPKP, dan DjKN.

“Dari hasil penilaian oleh tim penilai, 9 sekolah tersebut sudah siap dijadikan sekolah BLUD,” ungkapnya, Selasa (26/7).

Proses selanjutnya disebutkannya, yaitu pemantapan mutu SDM di sekolah melalui bimtek dan studi tiru ke berbagai sekolah di luar daerah yang telah ditetapkan sebagai BLUD.

“Kita lakukan berbagai penguatan SDM dulu sampai ada Pergub mengenai resminya sekolah tersebut sebagai BLUD,” tuturnya.

Ke 9 SMK ini dianggap memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta memiliki  kompetensi keahlian yang bisa diunggulkan untuk menjadi core bisnis dalam pengembangan Unit Produksi yang ada di sekolah.

“Potensinya beragam, ada dari bidang perhotelan, busana, otomotif, peternakan dan masih banyak lagi,” terangnya.

Pembentukan Sekolah BLUD ini diakui Syamsuri, bukan berarti mengutamakan bisnis di lingkungan sekolah, melainkan mengutamakan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas, terutama di SMK.

Dirinya berharap 9 SMK tersebut dapat menjadi Pilot Project untuk menciptakan Sekolah BLUD lain di Kalsel.

“Semoga berjalan lancar dan sukses, terutama dalam tata kelolanya,” harapnya. (SYA/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.