14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Nada Banua Etnika, Terpilih Jadi Penyaji Terbaik Lomba Gamelan Banjar

2 min read

Foto bersama Kepala UPTD Taman Budaya , peserta lomba Gamelan Banjar dan Dewan Juri

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, pada Senin (25/7) malam, menggelar lomba Gamelan Banjar, bertempat di Gedung Balairung Sari. Terpilih sebagai juara Penyaji Terbaik Nada Banua Etnika STKIP PGRI Banjarmasin.

Salah satu peserta lomba Gamelan Banjar

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, kepada wartawan mengatakan, pada program Ragam Pesona Budaya Banjar tahun 2022 ini, lomba Gamelan Banjar, baru pertama kalinya digelar, yang bertujuan mengenalkan kesenian dan melestarikan tradisi asli Banjar secara luas, kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kepala UPTD Taman Budaya, Disdikbud Kalsel, Suharyanti

“Lomba ini dapat semakin meningkatkan kreativitas para seniman di Banua, rencananya setelah lomba, kita akan gelar diskusi bersama para seniman sebagai evaluasi,” ucapnya.

Disampaikan Suharyanti, sebelumnya ada delapan peserta yang tampil secara offline pada lomba Gamelan Banjar ini. Setelah babak penyisihan, terpilih lima peserta berhasil masuk nominasi. Yaitu SPIJ, Nada Banua Etnika, Sirang Bastari, Anak Pandawa, serta Mahadaruna.

“Dalam memberikan penilaian, kami menghadirkan para juri yang berkompeten dibidangnya. YaituTaufik Rahmat Hidayat dan Mukhlis Maman, serta juri tamu dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Gandung Djatmiko,” jelasnya

Sementara itu, Juri lomba Gamelan Banjar, Gandung Djatmiko memberikan tanggapan terkait penilaian. Secara keseluruhan penampilan peserta dinilai sangat bagus, namun ada dua poin penting yang harus diperhatikan. Pertama soal penyajian, masih kurang mengekspresikan musik gamelan, dan instrumen gamelan harus terlihat sepenuhnya, agar pertunjukan dapat semakin memukau penonton.

“Ke depan harus digelar workshop untuk Gamelan Banjar ini,” tutupnya

Perlu diketahui, lomba Gamelan Banjar ini, disaksikan secara langsung Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara, Muhammad Anhar yang juga mengapresiasi lomba yang baru pertama kali digelar tersebut. Begitu juga para seniman di masing-masing kabupaten dan kota, yang sudah berpartisipasi.

Lomba Gamelan Banjar ini , dapat langsung disaksikan dari Balairung Sari Taman Budaya, dengan tetap disiplin protokol kesehatan. Warga juga dapat menonton melalui akun youtube Taman Budaya Kalsel. (NHF/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.