19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

PWI Kalsel, Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan

2 min read

Suasana UKW di gedung PWI

BANJARMASIN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-14, pada 25-26 Juli 2022. Pembukaan UKW dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan, yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Subhan Noor Yaumil.

Suasana UKW di gedung PWI

Kepada sejumlah wartawan, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, mengatakan, sebanyak 30 peserta dari berbagai media, seperti media cetak, online dan elektronik mengikuti UKW, selama 2 hari, mulai Senin hingga Selasa, bertempat di gedung di PWI Kalimantan Selatan.

“Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan ini, bertujuan meningkatkan profesionalitas wartawan, menjaga harkat dan martabat kewartawanan,” katanya.

Sementara itu, disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi PWI Kalsel, yang kembali menggelar UKW.

Foto bersama Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil, Kepala Diskominfo Kalsel, dan Ketua PWI Kalsel dan PWI Kalsel, serta penguji UKW

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya berpesan, agar Uji Kompetensi Wartawan dapat semakin meningkatkan kompetensi para jurnalis, dengan tetap memerhatikan demokrasi dalam setiap pemberitaan.

“Boleh bebas, tapi tetap junjung etika dan berkualitas,” ungkapnya.

Senada ditambahkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Muhamad Muslim. Uji Kompetensi Wartawan, dinilai mampu meningkatkan profesionalitas para wartawan di lapangan, karena turut berkontribusi dalam membangun dan memajukan di Banua.

“Kami akan terus bersinergi dengan seluruh media,” tutupnya.

Perlu diketahui, UKW ini terdiri dari 5 kelas, yaitu 4 kelas jenjang wartawan muda, dan 1 kelas jenjang wartawan madya. Setiap kelas dipandu seorang penguji bersertifikat nasional dari Dewan Pers. Kegiatan ini diikuti 4 penguji magang, termasuk Ketua PWI Kalteng. Hadir pula pimpinan sejumlah media di Kalimantan Selatan, baik media cetak, online dan elektronik. (NHF/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.