19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdikbud Kalsel Gelar SMAS

2 min read

Penampilan Sanggar Seni Teater Japin Carita

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Seniman Mengajar Anak Sekolah (SMAS) yang berlokasi di halaman SMKN 4 Banjarmasin, Rabu (20/7).

Suasana kegiatan SMAS yang juga digelar MPLS SMKN 4 Banjarmasin

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Muhammadun, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Raudati Hildayati, program ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebelumnya bernama Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Tahun 2022 dilanjutkan dengan nama Seniman Mengajar Anak Sekolah (SMAS). Tujuannya untuk menjadikan kalangan pelajar dapat semakin menanamkan rasa kecintaan dan wawasan lebih luas tentang karya seni.

Foto bersama Kabid Kebudayaan, Kasi Kesenian, Kepala Bidang SMK Disdikbud Kalsel, dan Kepala SMKN 4 Banjarmasin

“Program ini dari Disdikbud Kalsel melalui bidang kebudayaan seksi kesenian, bekerjasama dengan SMKN 4 Banjarmasin, ke depan kami upayakan semua sekolah,” ucapnya

Disampaikan Raudati, dengan adanya Seniman Mengajar Anak Sekolah ini, para siswa-siswi dapat menyerap ilmunya, sehingga tumbuh minat dan bakat di bidang seni, baik teater, tari dan lukis. Apalagi pembelajaran bidang seni, diberikan saat di luar jam pelajaran sekolah.

“Kesenian di Kalsel harus terus berkembang sebagai warisan budaya bagi regenerasi,” ucap Helda (sapaan akrabnya)

Ditambahkan Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kalsel Sunjaya Adhiarso, dalam kegiatan SMAS ini, materi yang diberikan kepada kalangan pelajar, berupa pertunjukan kesenian khas Banjar yaitu seni teater Japin Carita, yang merupakan hasil kolaborasi para seniman dengan para peserta didik.

“Dengan SMAS ini dapat membangun siswa-siswi lebih berkarakter kreatif dan inovatif,” tutupnya

Untuk diketahui, program Seniman Mengajar Anak Sekolah ini, diapresiasi Kepala Bidang SMK Disdikbud Kalsel Syamsuri, Kepala SMKN 4 Syafrudin Noor dan seluruh Dewan Guru di SMKN 4 Banjarmasin. Kegiatan itu juga digelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022 – 2023, diikuti ratusan pelajar, menampilkan band musik dari Jurusan Seni Musik di SMKN 4 Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.