23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

600 UMKM Asal Banua Siap Ramaikan GBBI Warna Warni Kalsel di Siring 0 Kilometer

2 min read

Media briefing GBBI Warna Warni Kalsel di Banjarmasin, Rabu (20/7)

BANJARMASIN – Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) pada Juli 2022, yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan GBBI Juli 2022 ini, mengusung tema “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan” dan diselenggarakan pada 22 sampai 24 Juli 2022, di Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin.

GBBI adalah Gerakan Nasional yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk atau jasa dari UMKM lokal, demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk industri kecil dan menengah.

“Adapun target yang ingin dicapai dari even GBBI di Banjarmasin ini, antara lain peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital. Kita juga menginginkan adanya peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah saat media briefing GBBI Warna Warni Kalimantan Selatan, disalah satu restoran di Banjarmasin, pada Rabu (20/7).

Penyelenggaraan GBBI Warna Warni Kalimantan Selatan di kawasan Siring 0 Kilometer ini, memamerkan produk – produk UMKM unggulan Kalimantan Selatan, baik di bidang fesyen dan aksesoris, home decoration, dan makanan dan minuman.

“Setidaknya ada 600 UMKM binaan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Bank Indonesia, pemerintah provinsi Kalsel dan pemerintah 13 kabupaten/kota di Kalsel, yang akan mengikuti acara ini. Dimana 67 diantaranya akan memamerkan produknya di tenda utama, di halaman kantor Gubernur di kawasan yang sama,” ujar Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Erwin Dwiyana, yang juga hadir pada media briefing tersebut.

Selain pameran, acara yang berlangsung 3 hari tersebut, juga mengumpulkan para investor, yang dibungkus dalam kegiatan bincang santai. Kegiatan yang dinisiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan didukung oleh KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan ini, akan mengundang pejabat di tingkat Kementerian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Indonesia serta pelaku usaha potensial investor di Kalimantan Selatan untuk membahas mengenai potensi investasi di Kalimantan Selatan, khususnya dalam kaitannya dengan upaya pengembangan UMKM.

Tidak lupa, acara ini juga menyajikan hiburan kepada masyarakat, mulai dari peragaan busana, hingga pertunjukan musik dari sejumlah artis ibukota. Yakni penyanyi Fathur pada 22 Juli 2022, grup band Repvblik pada 23 Juli 2022, dan Aria Dinata (Ex-Vokalis Samson) pada 24 Juli 2022.
(RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.