14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Alumnus IAI Darussalam Martapura Keluhkan Ijazah Yang Belum Terbit, Ini Penjelasan WR Akademik

2 min read

Suasana kegiatan belajar mengajar di IAI Darussalam Martapura

BANJAR – Alumnus Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura masih dibuat gelisah, meski tercatat di dalam Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti) namun kenyataannya ijazah dari beberapa prodi belum juga diterbitkan.

Salah satunya, Hendra, alumni lulusan tahun 2020 -2021 yang hingga saat ini diakuinya belum mengetahui apakah ijazahnya sudah diterbitkan atau belum. Bahkan dirinya belum mengambil fisik ijazah dari institusi tersebut.

“Wisuda itu tahun 2021 artinya tertunda setahun karena COVID-19 setelah melandai baru bisa digelar dan kebetulan ijazahnya belum keluar. Tetapi, ada tidaknya sekarang belum tahu,” ujarnya, kepada Abdi Persada FM, Selasa (19/7) siang.

Hal senada juga disampaikan alumnus lain yang tidak mau disebutkan namanya, ia juga mengaku masih menunggu informasi terkait penerbitan ijazah.

“Sempat tidak bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi CPNS,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Darussalam Martapura, Ahmad Fauzan Saleh saat dikonfirmasi mengakui, masih ada beberapa prodi yang tengah disibukkan dengan persiapan akreditasi. Namun setidaknya ada sekitar empat fakultas di perguruan tinggi tersebut telah menerbitkan ijazah untuk alumnus.

Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Darussalam Martapura, Ahmad Fauzan Hasan saat dikonfirmasi diruang kerjanya

“Seperti Ahwal Al Syakhsiyah, Syariah, PGRA dan PAI ini sudah tidak masalah dan ijazah telah diterbitkan silahkan bisa dicek diwebsite institusi kami. Untuk total ada enam prodi,” paparnya.

Bahkan, dirinya memastikan Forlap dikti alumnus yang sempat bermasalah akibat perpindahan status dari sekolah tinggi ke institut, telah berhasil tercatat dan terinput seluruhnya pada website tersebut.

“Memang perpindahan ini diakui sebagai problem nasional karena dari perubahan status dari STAI ke IAI itu tidak bisa instan bahkan masih banyak yang harus dibenarkan seperti nama mahasiswa beserta alumnusnya, tentu ini disesuaikan,” ucapnya.

Untuk memastikan keberadaan ijazah, dia mengungkapkan alumnus dapat mengunjungi website resmi Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura dan bisa berkonsultasi langsung ke perguruan tinggi agama berstatus swasta yang berdiri di Kabupaten Banjar tersebut.

“Urusan alumni yang kesulitan melakukan legalisasi ijazah sekarang ini sudah dapat diakses secara online, karena sistem IT kan, dan semuanya sudah bisa dilihat,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.