24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rachmah Norlias Ajak Masyarakat Kelola Sampah Untuk Tambah Pendapatan Keluarga

1 min read

Para peserta sosialisasi Perda 8/2018

BANJARMASIN – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rachmah Norlias mengajak masyarakat agar mengelola sampah untuk menambah pendapatan keluarga.

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias (kiri) dan Direktur Bank Sampah Kenanga, Fatmawati (kanan)

Ajakan itu disampaikannya ketika melakukan sosialisasi Perda Kalsel Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah di salah satu rumah makan di Sungai Andai, Kamis (23/6).

Menurut Rachmah, sudah saat masyarakat khususnya di daerah pemilihannya kota Banjarmasin melihat sampah sebagai barang sisa berharga dan memiliki nilai tambah serta dapat menghasilkan pendapatan. Pasalnya, sampah menjadi masalah global dan dampaknya luar biasa terhadap lingkungan dan manusia.

“Pengelolaan sampah ini tidak menumpuk di TPA, tetapi sampah ini juga bisa dikelola untuk bisa menjadi nilai tambah bagi kehidupan kita dan agar tidak mengganggu lingkungan,” katanya kepada wartawan.

Oleh karena itu, Rachmah berharap melalui sosialisasi Perda ini, masyarakat bisa mulai mengelola sampahnya secara mandiri karena selain dampaknya bagi kebersihan lingkungan dan kesehatan, juga dapat memberikan tambahan penghasilan keluarga.

Sementara, Direktur Bank Sampah Kenangan, Fatmawati sebagai narasumber sosialisasi menyampaikan bahwa pemanfaatan sampah yang ada di sekitar kita dapat dikelola oleh masyarakat menjadi barang yang berguna.

“Sampah basah bisa menjadi kompos maupun ecoenzim. Sedangkan sampah kering dapat dijual ke bank sampah untuk mendapatkan income. Dengan demikian diharapkan semakin berkurang volume sampah yang dibuang ke TPS,” jelasnya

Untuk diketahui, sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah ini diikuti oleh guru sekolah TK, SMP, SMA sederajat dan Kader PKK di kota Banjarmasin. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.