27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemko Banjarmasin Klaim Tenaga Kerja Mengalami Peningkatan

1 min read

Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja kota Banjarmasin, Muhammad Isa Anshari

BANJARMASIN – Pemerintah kota melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Tenaga Kerja, mengklaim penyerapan tenaga kerja (naker) mengalami peningkatan.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja Banjarmasin, Muhammad Isa Anshari, di ruang kerjanya pada Selasa (21/6) sore menjelaskan, terjadinya penyerapan tenaga kerja sejak tahun 2021 lalu, yakni para pelaku usaha mulai kembali memerlukan tenaga kerja lokal sebagai pekerja, ini artinya mengurangi angka pengangguran.

“Data yang disampaikan mulai tahun 2021 pertumbuhan tenaga kerja yang dilaporkan dari 2.396, kemudian tahun 2022 ini dilaporkan 2.896 perusahaan,” katanya.

Isa menjelaskan, untuk penyerapan tenaga kerja (naker), dari data ini jumlah laki-laki lebih banyak yaitu sekitar 30.000 orang, sedangkan perempuan 10.000. Terdiri dari berbagai sektor usaha, diantaranya pedagang besar seperti reparasi dan pemeliharaan sepeda motor, pengelolaan air, industri makan dan minum serta tenaga saji baik di restoran serta rumah makan.

“Bidang lain yang mengalami peningkatan, seperti aktivitas keuangan, asuransi, pembiayaan, sewa menyewa, bahkan di bidang pendidikan, dengan adanya Perguruan Tinggi Swasta sangat membantu penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Lebih lanjut Isa menambahkan, dengan hadirnya Wira Usaha Baru (WUB) yang menjadi program utama pembangunan di kota jasa dan perdagangan, juga turut membantu dalam pemulihan ekonomi warga, karena sebagian pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) sudah memiliki pangsa pasar yang tetap, sehingga dapat membantu penyerapan tenaga kerja.

“Jumlah WUB yang aktif selama 5 tahun ini ada sekitar 3.500,” tutupnya (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.