7 Juli 2022

Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Layanan, 60 Pustakawan Kalsel Ikuti Sertifikasi

1 min read

BANJARMASIN – Sebagai salah satu amanat Undang-Undang, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melakukan sertifikasi kepada pustakawan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) guna mengukur kompetensi dan meningkatkan kualitas layanan.

Menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, kegiatan ini diikuti 60 orang dari perpustakaan kabupaten/kota, perguruan tinggi, dan sekolah di Kalsel.

Suasana pembukaan sertifikasi kompetensi pustakawan se Kalsel di aula Dispersip Kalsel

Kepala Bidang Pelayanan dan Kerja Sama Perpustakaan Dispersip Kalsel Wildan Akhyar, mengatakan Kalsel termasuk dari delapan provinsi yang dipilih untuk mengikuti serfikasi dari Perpusnas RI pada tahun 2022.

“Alhamdulillah kita termasuk dari 8 provinsi yang dipilih tahun ini, dan hari ini diikuti antusias peserta,” kata kepada wartawan, baru-baru tadi.

Sementara, sesor Sertifikasi Pustakawan Perpusnas RI, Titik Kismiyati menjelaskan bahwa sertifikasi ini dinilai juga sebagai salah satu upaya menunjang peningkatan literasi masyarakat.

“Jumlah pustakawan kita yang telah tersertifikasi sebanyak 2.570 orang atau sekitar 30 persen dari jumlah pustakawan. Ini juga terus kita tingkatkan,” tuturnya.

Ditambahkan Asesor Kompetensi Perpusnas RI, Adriati, pada sertifikasi ini, peserta juga diklasifikasi sesuai keahlian masing-masing dengan tugas dan bidangnya.

“Hari ini dari semua peserta ada 9 klaster yang diambil dari 16 yang ada, di antaranya pengembangan koleksi, pengatalogan diskriftif, layanan, literasi informasi, promosi perpustakaan, layanan anak, dan lainnya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus mengupayakan penambahan pustakawan, yang minimalnya 1 perpustakaan ada terdapat 1 pustakawan.

“Kita punya perpustakaan 164.610. Jadi, kalau satu saja di setiap perpustakaan, maka harus segitu, namun kita masih cukup jauh untuk jumlah itu,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

yd Project. | Newsphere by AF themes.