27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Akan Bangun Unit Bank Sampah di Bantaran Sungai Martapura

2 min read

Kadis LH Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi kalimantan selatan, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi kalsel akan membangun unit bank sampah di bantaran sungai Martapura. Tujuan pembangunan bank sampah ini salah satunya untuk upaya dalam membiasakan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai. 

Objek pariwisata di sungai martapura, pasar terapung

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, belum lama tadi.

Hanifah menyampaikan, Lewat Program Sungai Martapura Aman, Bersih, Rapi dan Indah (ASRI), pihaknya akan membangun 12 titik unit usaha bank sampah di pedesaan yang berada di bantaran Sungai Martapura. Tujuan dibangunnya bank sampah ini untuk mencegah tercemarnya air sungai martapura, serta agar warga desa bantaran sungai dapat menjual sampah yang bernilai ekonomis di bank sampah.

“Agar kebersihan Sungai Martapura yang berhulu di Bendungan Riam Kanan, Kabupaten Banjar, hingga bermuara ke Sungai Barito di Kota Banjarmasin itu dapat tercapai maksimal,” ungkap Hanifah.

Hanifah menambahkan, dengan adanya unit usaha bank sampah ini diharapkan sungai martapura akan terbebas dari sampah sehingga program Sungai Martapura ASRI dapat berjalan.

“Pengelolaan Sungai Martapura, salah satu sungai terbesar di provinsi ini, terus dilakukan untuk mengembalikan kejayaannya, terutama sektor pariwisata,” lanjut Hanifah.

Ditambahkan Hanifah, pihaknya bersama Instansi terkait telah berkoordinasi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, untuk meminta dukungan dari Kementerian agar dapat membantu menjadikan sungai martapura menjadi salah satu tempat pariwisata di banua ini. Sungai Martapura merupakan salah satu andalan pariwisata Kalsel dikarenakan sungai ini mengaliri 4 Kabupaten-Kota. Adapun objek pariwisata yang ada di sungai martapura sudah terkenal didunia, salah satunya yakni pasar terapung yang ada di Lokbaintan Kabupaten Banjar, pasar terapung yang ada di Kuin Kota Banjarmasin, serta pasar terapung yang ada di taman siring Piare Tendean Kota Banjarmasin.

“Pemprov Kalsel beserta pemerintah tingkat 2 sudah menghadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Kita mohonkan kepada pak Menperekraf dukungannya terhadap program Sungai Martapura ASRI ini,” tutup Hanifah. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.