15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Menparekraf RI Minta Warga Jaga Kebersihan Kubah Basirih

2 min read

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, saat berkunjung ke Kubah Basirih

BANJARMASIN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, kembali mengunjungi kota seribu sungai. Namun kali ini meninjau langsung Kubah Basirih yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, Jumat (3/6) pagi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, berziarah ke Makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina

Dalam sambutannya, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, dengan telah berhasil masuk ke 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, maka warga haruslah mengutamakan kebersihan dan keindahan di Kubah Basirih, terutama para pengunjung yang datang untuk berziarah.

“Mari tingkatkan kebersihan, dan majukan UMKM agar semakin bangkit ekonomi,” ucapnya.

Sandiaga Uno menilai, dari hasil kunjungan ke Kubah Basirih ini, ada nilai keunikan tersendiri, yaitu tempat menuju Makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, tidak hanya dilalui jalan darat juga menggunakan perahu, sehingga menikmati pemandangan wisata susur sungai Martapura.

“Saya merasa sangat senang mengunjungi Desa Wisata Kubah Basirih, setelah berziarah juga banyak dijual baik makanan dan pernak pernik khas Banjar dari warga sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin, sangatlah mengapresiasi dengan masuknya Kubah Basirih dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022. Ia berharap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), akan terus bergerak aktif, dalam memajukan wisata religi tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

“Tingkatkan CHSE yakni Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan,” katanya

Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, langkah pihaknya di tahun 2022 ini akan terus melakukan pengembangan wisata religi meliputi fasilitas penunjang yang berorientasi sesuai CHSE. Karena memiliki potensi yang tinggi untuk memajukan perekonomian di daerah masing-masing.

“Kami sangat bangga Kubah Basirih masuk ADWI, mengingat tahap seleksi sangat ketat, dari sekitar 3.500 desa wisata tersebar di 34 Provinsi,” tutup mantan Pjs Bupati Kotabaru.

Untuk diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Kubah Basirih, disambut Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhanmad Syarifuddin, didampingi Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya, Ketua Pokdarwis Kubah Basirih Husin Lutf, dihadiri Unsur Forkopimda dan warga sekitar. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.