24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tutup Reses, Yani Helmi Gelar Syukuran dan Haul Datu Kelampayan

2 min read

Yani Helmi saat menerima cendramata atau kenang-kenangan (lawung khas Minang) dari salah satu warga yang berasal dari Sumatera.

TANAH BUMBU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Muhammad Yani Helmi, menggelar Haul ke 216 Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari sebagai rangkaian penutup reses.

Kegiatan syukuran dan Haul Datu Kelampayan di kediamannya di Tanbu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kediamannya di Batulicin, Tanah Bumbu, yang juga dihadiri sebagian jajaran pejabat Pemprov Kalsel, Rabu (18/5) malam, dengan rasa khusyuk dibalut lantunan syair serta dibacakannya manaqib (perjalanan) Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan para pejabat yang diundang yang mengikuti saya lihat sangat khusyuk sekali apalagi dibacakannya manaqib ulama besar sekaligus Wali Allah SWT Datu Kelampayan yang bermakam di Martapura,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebagai tanda syukuran atas berakhirnya pelaksanaan menjaring aspirasi (reses) tetapi bagaimana menjunjung tinggi sikap hormat yang mencintai wali Allah SWT. 

“Beliau adalah ulama besar yang berkharismatik bahkan setelah mendengar cerita perjalanan panjangnya dalam menuntut ilmu agama membuat rasa haru dan bercampur rasa bahagia itu menjadi satu. Terlebih, iringan syair habsyi membawa hati ini terasa dekat dan nyaman meski penyelenggaraannya tidak dilaksanakan di Martapura,” tuturnya.

Dihadapan para undangan, dirinya sempat menitikkan air mata pada saat berlangsungnya pembacaan manaqib serta diselenggarakan haul Datu Kelampayan diharapkan pula tidak melunturkan rasa menjunjung tinggi kecintaan atas anugerah dan kebesaran-Nya.

“Pelaksanaannya sangat berarti sekali terutama saya pribadi yang dapat merasakan ketenangan setelah delapan hari menggelar reses di 16 titik di Tanbu dan Kotabaru,” imbuhnya.

Ia menekankan, sebagai makhluk ciptaan-Nya yang beriman tentu melalui kegiatan haul dan syukuran itu diharapkan dapat lebih menebalkan keimanan, menciptakan rasa ketenangan serta dapat menyejukkan hati yang mengikuti penyelenggaran ini.

“Semoga Allah SWT selalu memberikan jalan yang lurus dan menerangi hati kita,” harap Wakil Fraksi Golkar DPRD Kalsel itu.

Disamping itu, politisi dari Fraksi Golkar di DPRD Kalsel tersebut juga menyampaikan awal keberangkatan hingga dititik terakhir tepatnya hari ke delapan banyak kisah serta pengalaman yang unik ia temui.

“Mulai dari lokasi reses yang kami didatangi terjadi kebakaran, akses jalannya, keterbatasan fasilitas seperti jembatan hingga lokasi jarak tempuh cukup melelahkan, Alhamdulillah semuanya telah terlalui,” bebernya.

Dari hasil  menjaring aspirasi rakyat, di Tanah Bumbu, ia juga sempat mendapatkan cenderamata dari perwakilan anak Sumatera berupa lawung khas dari daerah itu saat melakukan reses di Kelurahan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Nah, saya juga berterima kasih atas apresiasi yang diberikan mereka. Tak sembarangan orang bisa mendapatkan ini, sekali terima kasih atas cendramatanya,” ungkap legislatif Dapil VI Kalsel yang akrab disapa paman Yani.

Rangkaian reses yang digelar dari tanggal 11 – 14 Mei 2022, Yani Helmi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel itu berhasil mengunjungi sejumlah desa dan kelurahan di dua kecamatan di Kabupaten Kotabaru diantaranya, Sebatung, Rampa, dua RT di Semanyap, Sungai Taib, Kotabaru Hulu, Baharu Utara dan Dirgahayu.

Foto bersama Yani Helmi dengan Sekeceng Kalsel saat pelaksanaan reses di Kotabaru.

Sedangkan di Kabupaten Tanah Bumbu, dari tanggal 15 – 18 Mei 2022 berada di Desa Betung, Pagaruyung, Batuah, Wirittasi, Pasar Baru, Batulicin, dan dua RT di Desa Sarigadung sebagai titik terakhir reses. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.