20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

TPA Regional Banjarbakula Dipastikan Tidak Beroperasi Selama Hari Raya Idul Fitri

1 min read

Kadis LH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU – Pada Pelaksanaan Hari raya Idul Fitri tahun 1443 Hijriyah tahun 2022, yang akan dilaksanakan umat muslim di Kalsel mulai Senin (2/5) hingga Selasa (3/5) mendatang, pihaknya akan menghentikan pengoperasian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula selama pelaksanaan idul fitri. Penghentian operasi TPA ini masih dikoordinasikan dan dikomunikasikan bersama TPA Banjarbakula dan Kabupaten-Kota yang telah melakukan kerjasama untuk memproses sampah mereka di TPA Banjarbakula.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, pada Rabu (27/4) tadi menyampaikan, Terkait libur panjang Idulfitri, pihaknya masih berdiskusi dengan TPA Banjarbakula agar bisa menghentikan pengoperasian di hari pertama dan kedua perayaan idul fitri. Penghentian operasi TPA Banjarbakula ini bertujuan untuk memberikan kompensasi libur selama 2 hari kepada TPA Regional, dikarenakan tidak adanya cuti panjang seperti SKPD lainnya.

“Kami coba komunikasikan dengan teman-teman Kabupaten-Kota untuk sementara memproses sampah di TPA mereka dulu, baru hari rabu nya kita sudah mulai beraktivitas seperti hari biasa,” ungkap Hanifah.

Hanifah melanjutkan, dengan berhentinya pengoperasian TPA Banjarbakula selama 2 hari pada hari raya idul fitri, maka Kabupaten-Kota harus bisa memanajemen pengelolaan sampah mereka sendiri agar dapat terhindar dari kelebihan muatan sampah didaerah masing-masing selama idul fitri.

“Takutnya teman-teman Kabupaten-Kota apalagi TPA nya sudah Overload akan menjadi dampak yang besar untuk lingkungan,” lanjut Hanifah.

Dilanjutkan Hanifah, apabila pemberhentian sementara pengoperasian TPA tidak memungkinkan, pihaknya pun meminta pengiriman sampah ke Banjarbakula dilakukan siang hari setelah petugas merayakan Idulfitri bersama keluarga. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.