26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Museum Wasaka Lakukan Konservasi Benda Koleksi Peninggalan Bersejarah

1 min read

Kegiatan konservasi di halaman Museum Wasaka

BANJARMASIN – Demi merawat dan menjaga keutuhan seluruh benda peninggalan bersejarah di Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan, Bidang Kebudayaan melalui Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan konservasi, di halaman Museum Wasaka, yang berlokasi Jalan Kampung Kenanga Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kabid Kebudayaan, Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati, meninjau konservasi

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati, setelah melihat kegiatan konservasi pada Rabu (13/4) kepada wartawan menjelaskan, pelaksanaan konservasi dimulai selama empat hari 11 – 14 April 2022. Ada dua tim khusus merawat benda koleksi, dibantu dari beberapa pegawai Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, untuk menyusun di seluruh lemari tersebut.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati

“Satu tim terdiri 5 orang, yang bertugas masing-masing berbeda dari merawat benda koleksi seperti pedang, keris, dan tim lain merawat perabotan seperti kursi, senjata, lencana, dan alat elektronik pada zaman dulu,” ucapnya

Disampaikan Raudati, dalam konservasi ini ada sebanyak 260 buah koleksi baik di museum maupun di dalam gudang, dengan menggunakan dana dari APBN. Ia berharap tingkat kunjungan ke Museum Wasaka dapat semakin meningkat, apalagi direncanakan pada bulan Mei mendatang, akan digelar belajar bersama di Museum, dalam rangka memperingati hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei.

“Dengan belajar bersama di Museum, tentu akan meningkatkan pengetahuan para pelajar khususnya, tentang sejarah perjuangan di Kalsel,” tutup Helda (sapaan akrabnya). (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.