26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Soswasbang, Gusti Abidinsyah Ajak Warga Bergotong Royong Jaga Wilayah Pesisir

2 min read

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Gusti Abidinsyah mengajak warga Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam untuk bergotong-royong menjaga wilayahnya dari masuknya kapal asing. Pasalnya, sebagian besar warga di daerah tersebut berprofesi sebagai nelayan di daerah pesisir.

Suasana Soswasbang Anggota DPRD Kalsel, Gusti Abidinsyah

“Alhamdulillah saya melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di desa Sarang Tiung yang dimana antusias warga disini sangat luar biasa mengikuti kegiatan yang salah satu intinya dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan,” katanya kepada wartawan, Selasa (22/3).

Dalam kegiatan itu, menurut Gusti Abidinsyah, terungkap bahwa rasa kebersamaan dan kegotongroyongan sudah mulai luntur di masyarakat. Padahal, lanjutnya, gotong royong merupakan salah satu kearifan lokal yang diharapkan mampu bertahan sebagai filter modernisasi dan globalisasi, baik langsung dan tidak langsung yang mempengaruhi kehidupan bermasyarakat yang kini cenderung individualis.

Termasuk juga dalam rangka menjaga wilayahnya dari masuknya kapal-kapal asing yang ingin menguasai lokasi mata pencaharian utama mereka sehari-hari diperlukan solidaritas dan rasa gotong royong di masyarakat.

Apalagi menurut Gusti Abidinsyah, wilayah pesisir juga rentan menjadi pintu masuk pengaruh-pengaruh radikal dari luar yang dengan mudah bisa diakses warga luar Kalimantan melalui jalur laut.

“Tadi ada pertanyaan dari warga bagaimana cara meningkatkan gotong royong karena saat ini dirasakan sudah mulai menurun. Oleh karena itu, saya mengimbau pemimpin desa untuk mencoba segera membangkitkan rasa kegotongroyongan di masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (19/3) itu juga menghadirkan Asisten 2 Kabupaten Kotabaru, Akhmad Rivai dan Camat Pulau Laut Sigam, Tri Basuki Rachmad sebagai narasumber dan Kepala Desa Sarang Tiung, Muhammad Yohanes sebagai moderator. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.