22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

PALD Banjarmasin Terus Tingkatkan Cakupan Pelayanan

1 min read

Direktur Perumda PALD Banjarmasin, Endang Waryono

BANJARMASIN – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) milik Kota Banjarmasin, di tahun 2022 ini akan terus meningkatkan cakupan pelayanan hingga ke seluruh pelosok kota seribu sungai.

Menurut Direktur Perumda PALD Banjarmasin, Endang Waryono, kepada Abdi Persada FM pada Rabu (2/3) sore, untuk progress tahun 2022 ini, pihaknya berupaya memperluas cakupan wilayah pelayanan, dengan target maksimal sekitar 10 persen, langkah yang dilakukan mulai sosialisasi ke pemukiman warga, dibantu instansi terkait, dan menggandeng pihak swasta seperti developer.

“Jalinan koordinasi selama ini sudah mulai dilaksanakan, ia berharap cepat tercapai,” ucapnya.

Endang menjelaskan, saat ini jumlah pelanggan perusahaan air limbah, baru sekitar 6.000 sambungan atau sekitar 5,09 persen dari 180 ribu pelanggan PDAM Bandarmasih. Jumlah itu sudah lebih dominan dari pelanggan bisnis seperti hotel restoran dan rumah makan dibanding pelanggan rumah tangga.

“Kita minta masyarakat dapat memahami pentingnya sanitasi, agar tercipta lingkungan bersih dan sehat,” pintanya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, pihaknya juga akan membangun jaringan baru perpipaan, untuk tahun ini di Jalan A Yani, berada di kawasan pusat kota yang dinilai sangat strategis, karena banyak berdiri hotel. Anggaran yang disiapkan Rp 6,5 miliar, dan masih menunggu perizinannya dari pemerintah daerah.

“Bagi pelanggan rumah tangga, akan ditambah pelayanan di 50 kelurahan, rencananya 500 sambungan rumah pada 50 kelurahan, setiap kelurahan dipasang 10 sambungan baru, dan ini gratis bantuan dari pemerintah pusat,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.