28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

2,91 Juta Penduduk Sudah Dapatkan Dosis 1, Kalsel Genjot Capaian Vaksinasi Dosis 2 dan 3

2 min read

Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19

BANJARMASIN – Hingga Kamis (3/3) tercatat sebanyak 2.917.960 penduduk Kalimantan Selatan sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama, atau setara dengan 92,31 persen dari jumlah penduduk usia 6 hingga 60 tahun ke atas, yang menjadi target vaksinasi COVID-19. Sementara untuk dosis kedua, tercatat 1.830.341 penduduk sudah divaksin di 13 kabupaten/kota, atau setara dengan 56,90 persen. Sedangkan prosentase vaksin dosis ketiga sudah mencapai 4,54 persen atau sebanyak 143.582 jiwa.

Grafik situasi COVID-19 dan capaian vaksinasi di Kalsel

“Pemerintah provinsi Kalsel terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua dan ketiga, sehingga kekebalan kelompok dapat segera terbentuk. Dengan begitu, provinsi Kalsel lebih siap menghadapi perubahan status pandemi menjadi endemi COVID-19, yang segera dicanangkan pemerintah,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Sukamto, kepada Abdi Persada FM.

Menurut Sukamto, selama kurang lebih sepekan jelang berakhirnya Februari 2022, seluruh pemerintah daerah di Kalsel, berupaya maksimal meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua dan ketiga, sesuai amanat Presiden, Joko Widodo, serta perintah langsung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Data yang masuk ke sistem pencatatan data KCP PEN di pusat sempat mengalami penyesuaian akibat perubahan aturan. Sehingga sekitar 4 hari, data hasil kegiatan vaksinasi di Kalsel, tidak terangkum secara maksimal. Namun kemarin (baca, Kamis) data yang tercatat sudah sesuai dengan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan rilis Kementrian Kesehatan RI, hngga akhir Februari 2022, Kemenkes mencatat sudah ada 14 provinsi yang konsisten dalam penurunan kasus konfirmasi harian COVID-19. 14 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Data Kemenkes juga menunjukkan bahwa di beberapa daerah dalam pekan terakhir Februari, mengalami penurunan positivity rate, diantaranya: DKI Jakarta, Bali, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, Papua, NTB, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah.

Perbaikan indikator penanganan pandemi juga tampak dari angka kesembuhan pasien di rumah sakit yang terus meningkat secara nasional. Hingga akhir Februari 2022, angka kesembuhan pasien ada di posisi 43.992. Angka ini lebih baik dari hari sebelumnya Minggu (27/2) yang ada di posisi 39.384. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.