24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Terima Kunjungan Wakil Ketua DPD RI

1 min read

Sekdaprov Kalsel (Kiri) bersama Wakil Ketua II DPD RI (Kanan)

BANJARBARU – Sekdaprov Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar menerima Kunjungan Kerja Wakil Ketua DPD RI, Senin (7/2), di Ruang Haji Maksid Setdaprov Kalsel Banjarbaru.

Kunjungan ini dalam rangka membahas potensi dan tantangan yang dihadapi daerah penyangga IKN Nusantara, khususnya Kalimantan Selatan.

Seperti diketahui, Kalsel merupakan jalur strategis transportasi.  Ini karena Kalsel berbatasan dengan dua proyek strategis nasional, yakni pembangunan IKN di Kalimantan Timur serta kawasan food estate di Kalimantan Tengah.

“Saat ini, jalur akses dari Kalimantan Tengah menuju Kalimantan Timur hanya bisa diakses dari Kalimantan Selatan, dengan berbagai potensi itu, maka pembangunan infrastruktur khususnya ruas jalan menjadi sangat penting,” ucap Roy Rizali Anwar.

Roy mengharapkan, pemerintah pusat bisa terus meningkatkan infrastruktur jalur pendukung IKN.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPD RI Mahyudin mengatakan perlunya menyisir kebutuhan-kebutuhan pembangunan yang akan diperjuangkan di tingkat nasional, salah satunya terkait ruas jalan.

“Rata-rata kelas jalan di Kalimantan hanya mampu menahan beban ganda delapan ton, sedangkan kendaraan yang lewat berkapasitas 20 ton, kita tidak bisa menyalahkan mobil yang lewat karena memang kebutuhan. Butuh disiapkan jalan yang kelasnya mampu dilewati kontainer dan sebagainya,” ucap Mahyudin

Mahyudin menambahkan, selama diskusi berlangsung dengan Kepala SKPD, banyak masukan yang diterima, termasuk penetapan daerah lumbung pangan atau food estate di Marabahan dan Kotabaru.

“Nanti akan kami sampaikan ke pemerintah agar daerah itu bisa segera menjadi food estate,” lanjut Mahyudin.

Dengan terpilihnya Kaltim sebagai IKN, Mahyudin berharap pembangunan wilayah timur Indonesia berlangsung lebih cepat dan merata. (BIROADPIM-MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.