16 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Angkat Legenda Putri Suwangi Dalam Pementasan, Legislator Kalsel Apresiasi Mahasiswa Seni ULM

2 min read

Suasana Sendratasik Legenda Putri Suwangi

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi mengapresiasi langkah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang memperkenalkan kebudayaan Kalsel melalui pementasan Sendratasik Berkarya 11 yang berjudul Legenda Putri Suwangi di halaman belakang FKIP ULM, Sabtu (5/2) malam.

Sebagai Wakil Rakyat Dapil Kalsel 6 meliputi dirinya merasa bangga dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada pementasan tersebut atas diangkatnya Legenda Putri Suwangi yang merupakan salah satu cerita rakyat dari Kotabaru.

Anggota DPRD Kalsel M Yani Helmi (tengah)

“Legenda Putri Suwangi memang harus diangkat dan diperkenalkan kepada masyarakat. Dengan pementasan tersebut masyarakat lebih mengenali terhadap sosok Putri Suwangi yang ada di Kotabaru. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mengangkat budaya kita,” kata Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani.

Paman Yani mengungkapkan Legenda Putri Suwangi ini akan kembali dipentaskan di hadapan Gubernur Kalsel dan Event Nasional Festival Budaya Saijaan 2022 nanti. Ia berharap, pementasan Legenda Putri Suwangi ini akan menjadi pintu pembuka pementasan-pementasan lain, yang mengusung tema kearifan lokal dan menyuguhkan cerita-cerita rakyat asli Kalimantan Selatan.

“Kita tidak boleh kalah dari daerah lain. Kalau di Kabupaten Kotabaru ada legenda Jambangan, ada juga legenda gunung Sebatung dan Gunung Perak. Kemudian di daerah pesisir ada legenda Tanjung Serudung,” jelasnya.

Terkaitaspirasi mahasiswa ULM yang menginginkan gedung pementasan baru, Paman Yani berkomitmen untuk membantu memperjuangkan keinginan tersebut sesuai dengan kewenangannya.

“Kalau memang gayung bersambut, nanti kita siapkan di banggar,” ucapnya.

Pemukulan Gong oleh Rektor ULM Sutarto Hadi Membuka Pementasan Sendratasik Berkarya 11

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Gubernur Kalsel yang diwakili Kepala Disdikbud Kalsel M. Yusuf Effendy, Anggota DPRD Kalsel M. Yani Helmi beserta keluarga, Rektor ULM Sutarto Hadi, Dekan FKIP ULM beserta jajarannya dan penonton yang sebagian berasal dari kalangan mahasiswa. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.