24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rangkaian HUT ke 50, Basarnas Banjarmasin Lakukan Gerakan Penghijauan di Tahura SA

2 min read

BANJAR – Meski dalam situasi pandemi COVID-19, banyak rangkaian kegiatan positif yang dilakukan Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dalam memperingati HUT nya yang Ke- 50.

Setelah sukses mengelar aksi donor darah Rabu (2/2) kemarin, kini Basarnas Banjarmasin menggelar gerakan penghijauan. Kegiatan penanaman pohon di objek Agro Wisata Taman Hutan Raya (TAHURA ) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar pun dilaksanakan, Kamis (3/2) Pagi.

Dalam kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon di objek Agro Wisata TAHURA Sultan Adam Mandiangin ini, di ikuti oleh 95 Orang peserta. Diantaranya ASN, PPNPN dan perwakilan anggota dharma wanita Persatuan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Diawali dengan penanaman bibit pohon oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad, kegiatan ini setidaknya menyediakan 150 bibit pohon produktif yang ditanam. Diantaranya bibit pohon Rambutan (Nephelium Lappaceum), Durian (Durio), Kelengkeng (Dimocarpus Longan), Jeruk Nipis (Citrus Aurantiifolia), Mangga (Mangifera Indica), Alpukat (Persea Americana) dan Jambu Air (Syzygium Aqueum).

Kepala UPT TAHURA Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar Ainun Jariah mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, karena telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon produktif.

“Saya mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon pada hari ini dan berharap dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan, selain untuk manfaat penghijauan alam, setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan hasil dari pohon itu sendiri nantinya,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) Kalimantan Selatan Siswo. Ia juga sangat senang dengan kegiatan penghijauan yang melibatkan pihaknya ini. Menurut Siswo dalam kegiatan ini pihaknya memberikan dukungan dengan menyediakan bibit tanaman produktif untuk ditanam.

“Kami mempunyai tempat persemaian berbagai jenis bibit pohon untuk ditanam, dalam kegiatan BASARNAS kali ini kami support bibit tanaman produktif agar bisa ditanam dan cocok dengan karakteristik lahan di lokasi yang sudah ditentukan, nanti apabila ada lagi gerakan penghijauan seperti ini kami akan bantu dengan bibit pohon yang lebih bervariasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad menyampaikan, penanaman pohon ini selain untuk menyambut Hari Ulang Tahun Basarnas Ke-50 juga merupakan semangat BASARNAS untuk menyelamatkan bumi dengan gerakan menanam pohon.

“Jadi apa yang kita lakukan ini merupakan bentuk kepedulian Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin untuk menghijaukan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Dengan melakukan penanaman bibit pohon ini, ia berharap nantinya akan menghijaukan obyek Agro Wisata TAHURA Sultan Adam Mandiangin.

“Secara ilmiah setelah pohon ini besar, tentu akan menyumbang oksigen serta hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar, juga sebagai upaya dalam mencegah terjadi nya bencana banjir yang akhir-akhir ini menjadi tragedi setiap tahun yang di rasakan warga Kalimantan Selatan, semoga kita selalu terhindar dan dijauhkan dari marabahaya dan bencana alam,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini terlaksana juga karena adanya Kerjasama Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dengan UPT TAHURA Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar sebagai penyedia lokasi penanaman, dan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) Kalimantan Selatan sebagai penyedia bibit pohon yang akan ditanam.
(SAR.BJM-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.