15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

IKN di Kaltim, Dorong Ekonomi Bisnis Perikanan di Kalsel

1 min read

Nelayan setelag berlabuh mencari ikan di perairan laut Kotabaru

KOTABARU – Berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim bakal berdampak positif terhadap ekonomi kerakyatan di Kalsel termasuk sektor bisnis bidang perikanan.

Hal ini disampaikan anggota Komisi II DPRD Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi, usai menggelar sosialisasi Perda Retribusi Jasa Usaha, Sabtu (29/1) siang, di Desa Rampa, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

“Selain pertanian dan perkebunan, hasil data BPS melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) bahwa perikanan di Kalsel surplus artinya pada saat IKN nanti, harkat, martabat hingga kesejahteraannya pun tentu mendapatkan harga terbaik,” ujarnya.

Wakil Ketua Fraksi dari Partai Golkar di DPRD Kalsel tersebut meyayangkan, apabila harga ikan di Kalimantan Selatan yang nantinya sebagai gerbang IKN mengalami penurunan.

“Percuma kalau hasil ikan banyak, pertanian juga melimpah. Namun, harganya murah. Inilah peran pemerintah daerah dalam menstabilkan ketahanan pangan (food estate) di Kalimantan,” tuturnya.

Pemprov Kalsel, menurut pria yang akrab disapa Paman Yani itu, harus mampu berkonsentrasi dalam pengembangan pangan nasional. Sehingga, ekonomi rakyat juga ikut berjalan.

“Kita akui pandemi COVID-19 di Kalsel sempat memberikan dampak yang cukup besar. Tetapi, sekarang perekonomiannya sudah mulai berangsur membaik secara signifikan dan saya harapkan rakyat pun sejahtera kedepannya,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.