18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Taman Budaya Kalsel Undang Seniman Banua

2 min read

Suasana urun rembuk dengan seniman Kalsel

BANJARMASIN – Taman Budaya dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, mengundang seniman banua, dalam rangka sosialisasi program dan kegiatan tahun 2022.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya, Disdikbud Kalimantan Selatan, Suharyanti, pada Jumat (28/1) menjelaskan, sosialisasi program dan kegiatan ini, secara rutin digelar setiap tahun sebagai langkah awal, dalam urun rembuk dengan para seniman di tiga belas kabupaten dan kota, agar setiap program yang disusun, bersinergi dengan kalangan seniman, yang bertujuan dapat semakin mengembangkan kesenian budaya Banjar.

Kepala UPTD Taman Budaya, Disdikbud Kalsel, Suharyanti

“Urun rembuk dengan Ketua dan Pengurus sanggar seni, kita gelar luring dan daring,” ucapnya.

Suharyanti menjelaskan, dari hasil pertemuan, masing masing komunitas seniman telah mengusulkan berbagai pergelaran baik tari, musik serta teater. Ia berupaya seluruh cabang seni dapat terakomodir, untuk ditampilkan pada tahun 2022 ini, agar pergelaran seni lebih kreatif dan berinovasi, sehingga dapat semakin dicintai bagi seluruh kalangan.

“Ada sebanyak 116 komunitas seniman, seluruh usulan ditampung, kami mempelajari saran dan masukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertunjukkan Event Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Kabupaten Kotabaru, Rudy Nugraha mengatakan, pihaknya mengusulkan untuk tahun 2022 ini pergelaran teater anak japin delapan, selama ini sudah tampil japin anak delapan. Teater anak japin delapan, memiliki keunikan yaitu menampilkan berbagai lakon dan tentu sebagai inovasi dalam berkarya seni.

Kabid Pertunjukkan Event Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Kabupaten Kotabaru, Rudy Nugraha

“Sebelumnya, kita sangatlah mengapresiasi Tambud Kalsel, untuk pergelaran japin anak delapan, sudah ke tingkat nasional,” tutup Rudy.

Untuk diketahui, Taman Budaya Kalimantan Selatan, menggelar sosialisasi program dan kegiatan tahun 2022, bertempat di Gedung Balairung Sari Jalan Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin, seluruh peserta yang hadir tetap ketat menerapkan protokol kesehatan. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.