29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Mahasiswa ULM Sendratasik Angkat Legenda Putri Suwangi, Paman Yani Dukung Penuh

2 min read

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung upaya pelestarian seni dan budaya oleh generasi muda.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi kepada wartawan usai menerima audiensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Jum’at (21/1).

“Alhamdulillah hari ini saya bisa menemui mahasiswa seni ULM dimana mereka menyampaikan rencana giat dalam mengaungkan seni dan budaya Kalsel, khususnya yang ada di Kabupaten Kotabaru yang nanti akan digelar Pementasan Akbar Bumi Saijaan 2022,” katanya.

Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini memberikan apresiasi kepada mahasiswa seni ULM yang mengabdikan dirinya kepada pelestarian seni dan budaya daerah Kalsel.

Ia berharap agar langkah ini diikuti oleh generasi muda lainnya sehingga seni dan budaya lokal tidak tergerus dengan perkembangan zaman dan waktu. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, informasi dan budaya-budaya asing melalui gadget sangat mudah diakses.

“Sehingga kegiatan seni dan budaya oleh generasi muda ini sudah seharusnya didukung oleh semua pihak sebagai wujud pelestarian budaya,” ucapnya.

Sementara, Perwakilan Mahasiswa PSP FKIP ULM, Muhammad Aminuddin menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar Pementasan Akbar Pra-Event Budaya Saijaan 2022 “Sendratasik Berkarya ke-11” dengan mengangkat legenda Putri Suwangi yang merupakan salah satu cerita rakyat di Kabupaten Kotabaru.

“Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa Kalsel memiliki segudang kebudayaan yang perlu dilestarikan,” jelasnya.

Rencananya, lanjut Amin, pementasan Sendratasik Berkarya ke 11 ini akan digelar pada 4 dan 5 Februari 2022 di kampus FKIP ULM Banjarmasin.

“Kemudian pada Mei dan Juni 2022 akan digelar di Gubernuran dan Juni 2022 akan dipentaskan di Festival Bumi Saijaan 2022 yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru,” ungkapnya.

Untuk itu, Amin mengharapkan dukungan dari semua pihak khususnya anggota DPRD Kalsel dari Dapil Tanah Bumbu dan Kotabaru. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.