24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Apresiasi Program Samalam, Paman Yani Inginkan Kemudahan Bayar Pajak Merata di Seluruh Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberika apresiasi terhadap program Samalam (Samsat Bayar Malam) yang diluncurkan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Banjarmasin II.

Suasana Peluncuran Program Samalam (Samsat Bayar Malam)

Apresiasi itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi kepada wartawan usai menghadiri acara peluncuran program Samalam, Jum’at (21/1/2022) malam.

Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini menilai program Samalam tersebut sangat bagus dilaksanakan untuk mempermudah Wajib Pajak yang bekerja di siang hari sehingga dapat membayar pajak di malam hari tanpa mengganggu waktu kerja mereka.

“Saya sangat mengapresiasi Bakeuda dan Samsat yang telah meluncurkan program Samalam ini. Ketika masyarakat memiliki kesibukan, sedangkan disisi lain mereka mempunyai kewajiban membayar pajak. Disinilah pemerintah hadir untuk mempermudah masyarakat sehingga pada malam hari mereka bisa membayar pajak,” katanya.

Oleh karena itu, Paman Yani mengharapkan kedepan program Samalam juga ada di kabupaten/kota lainnya karena kemudahan membayar pajak ini sudah seharusnya merata di seluruh Kalsel.

“Mudah-mudahan program seperti ini bisa disusul kabupaten/kota lainnya. Minimal ada Samsat Keliling yang dapat menjangkau hingga ke pelosok-pelosok desa agar masyarakat semakin mudah membayar pajak,” harapnya.

Paman Yani juga menyarankan agar Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) melalui Samsat untuk turun langsung ke lapangan memeriksa kendaraan apakah pajaknya sudah dibayarkan atau belum. Hal ini bertujuan agar masyarakat terdorong untuk membayar pajak sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor bisa sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Saya menginginkan agar Bakeuda melalui Samsat turun langsung ke lapangan mencek kendaraan apakah sudah bayar pajak atau belum. Jika belum maka kendaraan tersebut diberi stiker. Hal ini tentu untuk mendorong masyarakat agar taat membayar pajak,” tambahnya.

Untuk diketahui, Samsat UPPD Banjarmasin 2 meluncurkan program Samalam dimana masyarakat bisa membayar pajak pada malam hari dari jam 16.00-21.00 wita setiap Senin sampai Sabtu, kecuali Kamis malam libur. Dengan kemudahan ini diharapkan wajib pajak semakin taat dalam melakukan pembayaran. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.