25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel Resmikan 3 Inovasi Sekaligus Milik Dishut Provinsi Kalsel

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

BANJARBARU – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar peresmian renovasi kantor Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel, yang disertai dengan peluncuran aplikasi E-Service SIFORESTKA (Sistem Informasi Kehutanan Kalimantan Selatan), serta peresmian Gallery Market hasil hutan bukan kayu, Jum’at (21/1).

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, PLT Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra, beserta sejumlah Kepala SKPD Lingkup Provinsi Kalsel.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan dirinya mengapresiasi seluruh jajaran Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, yang terus melakukan terobosan demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. terobosan yang dilakukan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel merupakan cara kerja kreatif yang harus selalu dikembangkan.

“Inovasi yang dilakukan Dishut Kalsel dapat memberikan harapan baru terhadap pembangunan banua berkelanjutan di Provinsi Kalsel,” ungkap Sahbirin Noor.

Orang yang akrab disapa Paman Birin ini juga menyampaikan, peresmian Gallery Market hasil hutan bukan kayu milik Dishut Kalsel, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi hasil hutan. Nilai ekonomi hasil hutan bukan kayu sungguh sangat besar jika diolah maksimal dan dipromosikan dengan lebih luas. Hasil hutan bukan kayu seperti rotan, gaharu, sangatlah berpotensi untuk dikembangkan sebagai sumber pereknomian, juga dapat mengurangi emisi gas karbon dan mengurangi pemanasan global (Global Warming).

“Untuk  meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja, maka Galery Hasil Hutan Bukan Kayu harus dikelola dengan sebaik mungkin sehingga nilai positif bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” lanjut Paman Birin.

Paman Birin menambahkan, inovasi ketiga milik Dishut Kalsel yakni aplikasi E-Service SIFORESTKA (Sistem Informasi Kehutanan Kalimantan Selatan), diharapkan menyediakan informasi akurat tentang kehutanan. Penyediaan sistem informasi kehutanan berbasis digital memberikan harapan baru terhadap pembangunan kehutanan yang berkelanjutan di Kalimantan Selatan. Dirinya berpesan agar e-service SIFORESTKA terus dikembangkan dan ditangani tenaga ahli.

“Saya ingin SIFORESTKA menyediakan informasi akurat. Data-data tentang potensi sumber daya hutan, peluang bisnisnya, perizinannya, dan informasi kehutanan lainnya bisa diakses dengan mudah,” tutup Paman Birin.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra menyampaikan, e-Service SIFORESTKA  terinspirasi dari hasil pembelajaran pengelolaan hutan lestari di Finlandia pada tahun 2017-2018 lalu. Aplikasi ini memuat fitur-fitur antara lain aturan di lingkup kehutanan, juga ada fitur persediaan bibit di Provinsi Kalsel dan informasi hasil hutan. Sehingga siapa pun bisa mengakses.

“SIFORESTKA merupakan kombinasi antara WebGis dan ecommerce. Disebut berbasis Gis, karena ketika kita klik di peta, kita bisa menemukan lokasi hasil hutan bukan kayu beserta kontaknya. Siapa pun bisa menghubungi penjual di sini, terbuka untuk umum,” ungkap Fathimatuzzahra. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.