19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

2022, Pokdarwis Kalsel Semakin Dikembangkan

1 min read

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dispar Kalsel, Ida Saptika Dewi

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, ditahun 2022 ini terus melakukan pengembangan bagi kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Ida Saptika Dewi, kepada Abdi Persada FM, melalui sambungan telepon, Jumat (21/1) menjelaskan, pihaknya berupaya semakin memajukan destinasi wisata yang tersebar ditiga belas kabupaten dan kota, dengan cara terus menerus memberi pembinaan bagi seluruh kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Tahun 2022 ini, kami turun langsung ke lapangan, untuk mendengar saran dan keluhan para pokdarwis, sekaligus memberi pelatihan,” ucapnya.

Disampaikan Ida, saat ini jumlah keseluruhan kelompok sadar wisata sebanyak 162, yang paling banyak di tiga daerah yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, masing-masing ada 20 pokdarwis. Sedangkan di Kabupaten lain bervariasi antara 17 sampai 18, paling sedikit 4 pokdarwis.

“Dengan adanya kelompok sadar wisata, maka destinasi wisata bukan hanya mampu diperkenalkan, juga akan terkelola baik, serta meningkatkan roda ekonomi bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Lebih lanjut Ida menambahkan, saat ini seluruh kelompok sadar wisata sudah divaksin COVID-19, sehingga warga tidak perlu khawatir dalam berwisata. Ia mengimbau, tetap ketat disiplin protokol kesehatan, khususnya menerapkan 3 M.

“Kita tidak ingin terjadi klaster baru setelah berwisata, pengunjung dan pengelola wisata harus benar-benar taat prokes,” pinta Ida. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.